News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

First Anniversary: Michael David Blog Appreciation 2015


Flashback.

Satu tahun yang lalu, blog ini gue buat. Ga jelas kapan blog ini dibuat. Ya, kalau dilihat dari posting pertama, blog ini ada tanggal 28 Juni 2014, yaitu tepat hari ini. Ya, dengan itu gue tetapkan 28 Juni jadi hari jadi blog gue. Gue awalnya cuma mau coba-coba buat blog. Tapi, lama-kelamaan, gue jadi "ke-enakan" buat nge-blog. Dengan nge-blog, gue bisa ngelatih tangan gue buat ngetik, dan nglatih otak gue buat nulis. Ya, kalau otak gue ga jalan, jari-jari tangan gue juga ga jalan.

It's a long journey.

The beginning. Awal gue nge-blog, gue bingung mau nulis apa. Pada saat itu gue masih kelas 6. Ya, gue nulis aja tentang pelepasan murid kelas 6 di sekolah SD gue. Dan sampai saat itu, gue mulai berbagi apa yang gue tau di dunia komputer dan internet pada tips dan trik. Awal posting gue di tips dan trik itu adalah 5 Cara Membuat Blog di Blogger. Dan berlanjut di posting-posting berikutnya.

Setelah gue kehabisan akal, gue ubah "gaya" blog ini jadi personal blog yang nyeritai'in hidup gue, lelucon gue, dan lain sebagainya. Awal gue mengubah gaya blog ini dari posting ini.

Language. Gue juga awalnya berbahasa layaknya orang Indonesia yang baik, seperti: saya, aku, Anda, dan lain-lain. Mulai dari posting ini, gue berusaha mengadaptasikan diri sama para reader blog gue dengan mengubah bahasa "saya" menjadi "gue". Mungkin ada beberapa yang pro, juga ada yang kontra dengan bahasa yang gue pakai di blog ini. Ya, everyone has their own opinion.

The template. Awalnya, gue ga ngerti apa yang dimaksud dengan SEO, Responsive, dan lain-lain. Template blog gue pun berganti-ganti dengan tidak jelasnya. Dari yang paling sederhana sampai paling nyeleneh. Dan akhirnya, gue menetapkan template blog yang sekarang ini. Gue suka dengan template blog ini karena desainnya. Gue juga suka sama warna merah. Juga responsive sama mobile view.

Pageviews. Gue takut cerita ini ke kalian. Awal gue nge-blog, pageview blog ini.. bruh. Pasang surut bagai gelombang laut di pantai Kenjeran. Ga tau pantai Kenjeran? Search di Google ya. Pasang surut, paling sering surutnya. Ya, you know it.

Schedule. Awalnya, gue update blog ini sesuka hati gue. Dan suatu saat gue putusin buat netepin jadwal update blog ini, yaitu setiap hari Sabtu jam 19.00 WIB. Meskipun dulu gue sering mblesetnya, gue tetep berusaha buat tepat waktu. Akhirnya, gue pake fitur yang disediakan Blogger, yaitu Jadwal. Itu kalo dalam bahasa Indonesia. Sejak saat itu, gue ga pernah telat buat update blog ini.

Community. Sampai suatu saat, gue mencoba buat mendaftar di komunitas yang bernama Jamban Blogger. Mungkin dulu masih ada batasan umurnya, gue ga bisa untuk masuk ke komunitas itu. Wah, hati gue yang awalnya seneng, jadi kaget. "Aduh, kok ga bisa masuk sih.." Itu yang kira-kira kata-kata yang ada di hati gue pada saat itu. Pada saat e-mail gue dibales sama si Jamban Blogger, dan salah satu kata yang *kira-kira* ada di e-mail itu adalah "tidak ada batasan umur". Wah gue seneng banget tuh. Gue langsung buka tuh websitenya Jamban Blogger dan akhirnya gue tergabung juga dengan Jamban Blogger. Yey.

Tapi, ga sampai di situ. Gue juga mencoba buat bergabung di komunitas "Kancut Keblenger". Komunitas ini "beraktifitas" di grup Facebook. Sono cari sendiri grupnya. Gue awalnya mengirimkan request buat gabung ke komunitas itu. Dan secara tak sadar, atau emang gue yang jarang online di Facebook, gue diterima juga sama si admin Kancut Keblenger. Gue senengnya sampai banting-banting laptop gue. Eh, ya ga lah. Wah, pokoknya gue kaget banget saat gue liat sudah jadi anggotanya Kancut Keblenger. Dan sekarang gue berdomisili di Surabaya.

Si Meong. Biar blog gue ga cuma diisi sama gue aja, gue menambahkan karakter kucing yang emang lucu, yang gue beri nama Si Meong.

Mungkin banyak di antara kalian yang melihat posting-posting gue di sini banyak yang pakai label "sok sibuk". Kenapa gue ga jadi'in label sok sibuk itu jadi "segmen" di blog ini? Jawabannya, gue fokuskan label "sok sibuk" ini buat posting-posting yang menarik *menurut gue* bisa diketemukan di label itu.

What I feel know.

Gue merasa lebih seneng, dengan pageview yang meningkat dengan stabilnya. Blog ini ada karena para pembaca yang dengan setia buka blog ini selalu. Tanpa kalian, mungkin gue ga bakal nerusin blog ini. Mungkin juga blog ini akan gue hapus karena gue yang terus menerus putus asa. Tapi berkat kalian dan komentar-komentar kalian, gue menjadi pengen terus buat nge-blog. Thank you, my readers.

Rating and popularity.

Menurut gue, rating dan popularitas itu ga seberapa penting. Bukan ga penting, tapi ada sedikit pentingnya. Pentingnya sih, itu dapat menambah semangat buat nge-blog.

Passion.

"MENYEMANGATI PARA JOMBLOERS INDONESIA"

Appreciations to readers and commenters.







Launching Application

Gue baru-baru ini buat aplikasi, aplikasi khusus buat blog ini. Jadi, let me introduce.

Aplikasi ini khusus buat kalian yang males buat buka browser, cuma untuk buka blog gue. Dengan sekali tap, aplikasi ini langsung menuju ke blog gue, dan gue pun bisa menghibur lo semua!

Lihat pagenya di sini.

Mau langsung download? Klik aja button di bawah ini.



Cuma untuk Android ya!

---

Akhir kata gue ucapin, makasih guys. Tanpa kalian, mungkin gue udah ga semangat lagi buat nge-blog. Sekali lagi, gue ucapin sama kalian, terima kasih banyak. Buanyak pokoknya. Thanks guys!

Tetapi, sekarang bukanlah soal eksistensi, tetapi sebuah ambisi untuk terus kreatif.

Komen dong h3h3h3h3

12 Komentar

  1. Wih gue juara 3! Selamat ya! Udah setaon!

    BalasHapus
  2. selmat.. traktiranya mana dik? uhuy, tumpengan nih harusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sssttt... Nanti anak2 KK Surabaya baca loohhh kakakkk :p

      Hapus
  3. Wuidih udah satu tahun aja nih Mike. Gue awal bikin blog itu pas kelas 5 SD. Pas lagi ngetrendnya game di Facebook itu lho XD
    Iseng-iseng bikin blog, tapi lupa sandinya :(

    ---Skip---

    Tahun 2014 lalu bikin blog lagi, dan berhenti. Mulai aktif lagi pada bulan Desember dengan blog dan domain baru. Dan aktif sampai sekarang ^^v

    Ohiya, selamat hari jadi buat blog lo Mike!

    BalasHapus
  4. Ini gue menang apaan? ah, udahlah.

    BalasHapus
  5. Wah selamat yaa udah setahun :D Semoga lancar terus ngeblognya :))

    BalasHapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.