News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Tentang Otak Gue

Hari ini, gue mau curhat ke kalian tentang otak gue. Untuk pertama kalinya di hidup gue, gue kesel sama otak sendiri.


Barusan aja gue ulangan Sosiologi, pelajarannya anak IPS. Sebenernya, hafalannya itu gak seberapa banyak, tapi seperti biasa, otak gue gak bisa nerima hafalan banyak-banyak. Waktu tes IQ, nilai hafalan gue anjlok-seanjlok-anjloknya. Gue dapet C kalo ga salah.

Back to the topic.

Gue ga bisa hafal sesuatu kalo gue gak memahaminya dulu. Jadi, kalo kalian ngasih gue naskah bahasa Jerman ke gue dan nyuruh gue suruh ngapalin, jangan harap hal itu bakal kejadian. Dan satu lagi, jangan pernah nitipin satupun barang ke gue kalo lo ga mau barang itu hilang ditelan bumi.

Back to the topic. Again.

Khusus kasus Sosio ini, sebenernya gue udah paham, tapi karena poin-poin yang menurut gue terlalu banyak, jadinya gue gak bisa hafal dalam jangka panjang. Gue cuma hafal 5-10 menit, terus hilang. Akhirnya, gue mau coba pake plan B gue, yaitu ngandalin logika gue yang menurut gue sedikit lebih baik ketimbang hafalan gue.

(((LEBIH BAIK)))

Tapi, tetep aja ga bisa karena gue setidaknya harus hafal inti dari poin-poin yang gue hafalkan, supaya logika gue gak melenceng-melenceng amat dari poin asli. Akhirnya gue berpasrah.

Ini yang gue heran, entah kenapa 5 menit sebelum ulangan, otak gue mendadak encer. Dan... yang gue heran lagi, 10 menit setelah ulangan dimulai, otak gue kembali ke keadaan tolol. Duh Gusti...

Akhirnya gue ngerjakan ulangan Sosio itu sebisa gue. Dan perkiraan gue banyak yang salah karena gue banyak yang lupa dan kurang teliti. Mudah-mudahan aja guru Sosio gue salah baca hasil jawaban gue dan akhirnya ngebenerin jawaban gue.

Dan mudah-mudahan juga beliau gak baca tulisan gue yang satu ini.

Nah, biasanya kan gue yang ngasih tips-tips buat kalian nih. Sekarang gantian dong, punya tips apa buat gue supaya gue bisa menghafal lebih cepat dan gak gampang lupa? Komen di bawah. Tips kalian sangat berharga buat gue, karena gue belum pernah nemuin formula yang pas buat gue, dan gue memerlukan itu segera.

So, komen yak! Gue tunggu :D,

Komen dong h3h3h3h3

8 Komentar

  1. Menurut gue, sosio itu bukan tentang teori, tapi lebih ke prakteknya langsung. Gue dulu anak IPS juga, dan tiap kali ujian, khusus untuk pelajaran anak IPS, saat yang lainnya tinggi di pelajaran ekonomi/akutansi, nilai gue malah tinggi di pelajaran sosiologi (dasar congkak lu Za!). Dan sebaliknya. Hahaha
    Mungkin lu belum ngerti atau masih asing istilah di pelajaran sosiologi. Saran dari gue, banyak-banyak belajar soal istilah sosiologi. Gitu.
    Soal ningkatin kapasitas memori, kalau gue biasanya dengan minum kopi satu jam sebelum ujian. Lumayan ampuh, kok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha

      Iya kali ya, mungkin ane belum ngerti apa itu 'sosiologi'. Kalo masalah kopi, ane orangnya kurang suka kopi euy :v

      Hapus
  2. Wah sosiologi itu pelajaran kesukaan gue, dulu gue anak IPS dan pelajaran yg gue suka ya cuma sosio haha.

    cara gue menghafal biar cepet masuk otak ya pas pagi-pagi buta. Biar hafalan jadi long term memory sebaiknya bukan sekedar menghafal tapi juga memahami. Gue termasuk tipe pelajar visual, jadi kalau menghafal, semuanya bakal cepet masuk otak kalau disertakan gambar2 yg mendukung. Nah Kamu sendiri tipe belajarnya yang bagaimana? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak tau ya, gue pelajar tipe apa. Yang pasti, gue makin ngerti kalo gue belajar via video. Audio visual berarti yak? 😂

      Hapus
  3. AKu juga dulunya anak IPS, dan suka akan pelajran sosiologi, asik gitu untuk dipelajari. Terlebih kalau gurunya asik juga.

    Aku sama seprti Desfindah tuh, kalau belajar atau ngehafal pagi-pagi sebelum subuhan. Kalau siang di waktu sekolah jarang banget ada yang nempel. Adapun cepat blanknya lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...satu masalah gue kalo belajar subuh, SUSAH BANGUN! 😂😂😂

      Hapus
  4. Cara bisa menghafal, wah ... harus banyak membaca ya. Eh, dulu, ya ada teman kuliah yang suka baca buku sambil ngomong. Soalnya itu caranya menghafal. (Dia sih lulus cum laude.) Terus kita teman-temannya duduk dan tiduran di dekat dia sambil mendengarkan omongannya dia. Lumayan juga sih, ada yang nyantol di otak. Cuma, yang duduk-duduk di sekitar dia nggak ada yang cum laude. Hehehe.

    BalasHapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.