News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

#AskNetijen: Tentang Spanduk Pemilu

Hai halo bro n sis netijen yang budiman. Mo'on maap minggu lalu gue belum ngupdate blog ini. Dan juga mo'on maap buat semua man-teman yang belum ku-blogwalking-i blognya. Beberapa minggu ini banyak hal yang buat gue sibuk gak karuan, dari hal yang emang penting sampe ga ada faedahnya sama sekali.


Oke, April nanti bakal ada pemilu. Pemilu presiden dan pemilu legislatif yaitu DPR, DPRD, dan DPRD. Promosi-promosi banyak dilakuin sama para calon presiden dan legislatif. Mulai dari iklan-iklan di reklame-reklame yang disebar, dunia digital, sampe banner-banner atau spanduk-spanduk yang dipasang di mana-mana.

Nah, yang mau gue bahas adalah spanduk pemilu yang kesebar gak karuan.

Di kota gue tinggal, Surabaya, spanduk-spanduk terpasang di mana-mana. Dari jalanan besar alias jalan raya, sampe jalanan di gang-gang--semuanya ada. Semuanya pada minta dicoblos.

Beberapa bulan berjalan, sejak Januari, spanduk-spanduk itu penyebarannya makin gak terkendali. Spanduk-spanduk itu pada nutupin pemandangan yang ada. Bayangin aja, yang biasanya kita liat pohon-pohon rindang di samping jalanan, sekarang diganti dengan nomor-nomor gak jelas yang kalo disusun jadi nomor togel (:v) dengan foto-foto orang yang gak enak dipandang--dan pada gak kenal lagi. Belom lagi dengan desain spanduk yang menurut gue terkesan asal-asalan dan maksa. Kan jadinya ngotorin penglihatan kita. Ya gak?

Belom lagi yang bawa-bawa gelar keagamaan. Asli, gak penting bener. Udah gitu, promosinya di deket tempat ibadah lagi. Gue gak mau sebut itu siapa dan dari agama mana, tapi yang pasti itu ada di Surabaya.

Gue enek!

Nah, gimana pendapat kalian tentang fenomena ini? Apakah harus ada aturan yang lebih tegas, sanksi yang lebih keras, atau gimana? Tulis di kolom komen di bawah. Siapa tau, ada pihak-pihak bersangkutan yang baca. Huehehehehe. #MikeNgarep

Tapi, yang pasti, nanti 17 April jangan sampe golput. Gunain kesempatan buat nyoblos, karena gimanapun juga, satu suara nentuin nasib satu bangsa 5 tahun ke depan. Janji sama gue kalo bakal nyoblos yak! :D

Komen dong h3h3h3h3

13 Komentar

  1. Wah kalau kejadian kayak gini sih sepertinya disetiap sudut kota-kota Indonesia pasti ada. Tempat favorit spanduk2 itu biasanya di tempat2 strategis yang banyak orang lewat cthnya perempatan pusat kota dll. Menganggu banget sih. Sepertinya kita sbg masyarakat harus mempelajari aturan pemasangan spanduk politik ini, jadi kalau ada yg masang di tempat2 nggk semestinya bisa kita lapor

    BalasHapus
  2. Gila banget sih memang soal spanduk-spanduk itu. Saling bertumpuk kadang antara calon satu dengan lainnya. Belum lagi kalau kena hujan dan angin, jadi roboh dan ngga berdiri tegap. Malah merusak estetika lingkungan.

    BalasHapus
  3. Pada pengen dicoblos yak,,,,keliatan banget pada nafsu pengen dapet kursi wkakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya.. jadi ogah nyoblos dia kan? :v

      Hapus
    2. Bener,,,jadi ogah,,,sia pengen nyoblos kan biar balik modal kampanye wkwkw

      Hapus
  4. ditempat saya juga banyak om, kmaren sempat ada yang roboh juga waktu ujan,
    tiba2 di sodorin gambar2 gak jelas kyk gtu rasanya malah eneg banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkkwk gak bisa bayangin ane, tiba-tiba ketiban gambar "bakal calon poli-tikus" HAHAHAHAH

      Hapus
    2. Wkwkw... Rasanya jengkel banget pokoknya. Hahaha

      Hapus
  5. Wah Surabaya ya gan, dapilnya Yahya Zaini, hahahhahahaaaaa....
    Jujur gan, spanduk-spanduk caleg malah jadi polusi mata, mengganggu pemandangan. Jan ra mutu tenan.

    BalasHapus
  6. sekarang udah bersih kecuali spanduk promosi perumahan hehehe

    BalasHapus
  7. udah pada diambilin yg dijalan2 buat tutup ternak :v

    BalasHapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.