News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Untuk 'Fresh Graduate' SMP: IPA atau IPS?


Hellow nak-anak children, siapa yang kangen sama om? :v. Oke, jangan jijik kayak begitu dong. HAHA.

Oke, karena 'om' adalah panggilan yang menjijikan, panggil aja gue Ka' Mike aja ya dek-adek. *gue dah berasa kakak-kakak kuiper yang promosi di sekola-sekola yak* :v.

Sebelumnya, gue mau minta maaf karena untuk ke depannya mungkin ga bisa ngupdate blog ini sesering yang lalu-lalu, karena hidup gue sekarang banyak hal yang harus gue prioritasin. Dan... dengan berat hati mungkin (sekali lagi, masih mungkin) Michael David Blog Appreciation bakal ditiadakan sementara untuk tahun ini :(. Ya, let's see aja ya.

Oh ya, bek tu de topic.

Habis dari SMP hampir semua dari kalian pasti lanjut ke SMA. Pasti lah ya, hari gini siapa yang mau nerima lulusan SMP, ye gak? Wkwkwkwk. Nah, di SMA ini dari kelas 10 udah ada yang namanya penjurusan; ada IPS, IPS, Bahasa, dan mungkin ada lagi yang lain. Tapi, di sini gue akan bahas IPA dan IPS aja yak, karena yang gue alamin cuma 2 itu :D.

Buat kalian yang masih bingung mau masuk IPA atau IPS, you go to the right place. Yea, kali ini gue ga bakal keluarin lawakan garing kek postingan-postingan yang lalu yang super ndak jelas itu. Wkwkwkwkwk.

Setidaknya ada 3 pertimbangan yang akan gue bahas di sini. Hal-hal ini harus kalian pertimbangin saat nentu'in jurusan apakah IPA atau IPS, karena kalo kalian masuk di salah satu jurusan ya kalian ndak bakal bisa pindah dan silahkan nikmatin pelajaran-pelajaran yang ada selama 3 tahun. Jangan sampe kayak gue dah pokoknya. Gue merasa salah ngambil jurusan di tahun ketiga SMA gue :').

Pertimbangan yang pertama, dominanmu di mana, di hafalan atau logika?

Di IPS, hafalan lah yang diutama'in. Kalian bakal ketemu banyak materi IPS yang ngebutuhin daya ingat kalian yang kuat, ambil contoh aja sejarah. Di IPS, pelajaran sejarah itu ada dua, sejarah wajib dan sejarah peminatan. Nah, sejarah wajib aja udah sekebon, apalagi kalo ditambah sejarah peminatan. Intinya, jika otak kalian dominan di hafalan, silahkan masuk ke IPS. Arwah akan lo tenang di sana :v.

Di IPA, logika yang harus dominan. Kalian bakal nemuin banyak pelajaran yang ngebutuhin logika yang kuat, kayak kimia sama fisika. Kalo logika kalian gak kuat, jangan harap kalian bisa hidup nyaman di IPA. Anak-anak IPA bakal dapet hitung-hitungan yang rumit. Ya, kalau menurut gue hitung-hitungan sih bisa dilatih dan bakal jago seiring 'jam terbang', tapi yang diperlu'in di sini adalah logika. Jadi, kalau logika kalian lebih dominan, silahkan masuk ke IPA. Hidup kalian bakal nyaman di sana.

Eits, tunggu dulu...

Baik IPA maupun IPS sama-sama ada hafalan dan hitungan! Di IPA, kalian akan ketemu mata pelajaran hafalan kayak biologi. Dan jangan salah, di kimia dan fisika juga banyak hafalannya! Di IPS, kalian akan ketemu mata pelajaran hitungan kayak ekonomi dan geografi (kalo ga salah. Tolong kalo gue salah mangga di-revisi di kolom komentar yak :D). And... u know what, di ekonomi ngeri itung-itungannya, terutama saat kalian nyentuh kelas 12. Kalian bakal ketemu banyak tabel-tabel yang isinya uang-uang yang bukan punya lo :v. Dan... tabelnya itu gak kayak di SMP. Ga percaya? Silahkan coba dan rasakan sendiri :v.

Intinya, nothing safe between IPA and IPS. Kalian gak bakal bisa ngehindar dari hitung-hitungan atau logika dengan masuk IPS dan kalian gak bakal bisa ngehindar dari hafalan dengan masuk IPA. Semuanya memerlukan kedua hal tersebut. Tapi, tetep bakal ada yang di-dominan-kan.

Pertimbangan yang kedua, jurusanmu di kuliah kelak.

Anak IPS hanya bisa masuk ke kuliah jurusan IPS, tapi anak IPA bisa masuk ke kuliah jurusan IPA dan IPS. Kalau kalian punya keinginan masuk ke jurusan IPS, ya silahkan masuk ke IPS. Begitu juga sebaliknya, kalau kalian punya keinginan masuk ke jurusan IPA, silahkan masuk ke IPA. Tapi... kalau masa depan kalian belum begitu jelas (:v), dipersilahkan masuk IPA. Eh, tapi kalo bisa jangan begini ya. Mending saat kalian masuk SMA sekalian juga pikirin mau masuk jurusan apa nanti waktu kuliah, apakah jurusan IPA atau IPS. Intinya, jangan sampe kalian kesiksa 3 tahun karena salah jurusan di SMA. Ya, jangan kayak gue lah ya yang ambil IPA di SMA gara-gara belum punya masa depan yang jelas. Ujung-ujungnya jurusan anak IPS yang gue ambil di kuliah :v. Ya, ndak papa sih sebenernya, tapi kan ya mubazir gitu ya ilmu IPA yang didapetin. Wkwkwkwkwk.

Pertimbangan yang ketiga, kondisi ekonomi keluarga.

Kenapa gue masukin ini sebagai pertimbangan? Karena, menurut pengalaman gue, harga total buku anak IPS itu lebih murah dari anak IPA. Ya, ini pertimbangan ketiga sih.

Setidaknya itu 3 hal yang bisa kalian pertimbangin mau milih IPA atau IPS. Kepada kakak-kakak yang lain, dipersilahkan buat nambahin pertimbangan lain di kolom komentar, biar ade-ade kita terchintah ini tidak salah nyebur. :D

Komen dong h3h3h3h3

25 Komentar

  1. waah udah lama nih, ga main ke sini, si mike udah kelas 3 SMA aja nih, dah jadi motivator buat adekadek SMP, bener banget tuh kalo IPA sama IPS sama sama ngitungnya, yang penting nanti dinikmati aja, hehehe

    BalasHapus
  2. klik artikel ini karena kebaca dikit tentang panggilan "om" untuk anak sekolah. Ternyata Clickable juga ya pembukanya. Dan artikelnya luar biasa.. bro banget. kayak lagi ngobrol. Pesannya bener, cuma guyonan out of the booknya yg bikin ga kaku. haha..
    Bakal seneng mampir kesini dah, eh tapi mau hiatus ya (kalo jadi?)

    BalasHapus
  3. Aku ngga ke SMA bang Mike karena ngga ada dana. Tapi baik IPA atau IPS keduanya aku suka biarpun nilainya waktu sekolah dulu jeblok.🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka tapi nilainya jeblok. Gimana ituuu WKWKWKWKKWK

      Hapus
  4. Simpel sih nentuinnya, kalau suka menghitung IPA, kalau suka hapalan IPS. Kalau keduanya bagus, dicari yang lebih baik nilainya

    BalasHapus
  5. Blognya keren abis nih. Seumuran anak saya, kelas 3 SMA juga. Anak saya juga punya blog, tapi dia masih malas buat nulis, harus dipaksa-paksa dulu (iya sih yang paksain dia bikin blog tuh saya, hehe).

    Btw, itu kenapa ada kalimat: nak anak children?, mungkin gaya ngeblog anak muda kekinian yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wehe terima kasih :D.

      Ndak, biar cair aja suasananya h3h3h3h3.

      Hapus
  6. Kadang kalau saya ada pertimbangan yang belum matang saya memilih untuk tidak memilih terlebih dahulu, apalagi kalau kuliah waktunya lama dan biayanya juga gak sedikit. Mending dimatangin aja dulu pilihannya ingin masuk mana, sukanya apa, dan ingin menjadi apa.. Sebenarnya semua jurusan itu sama saja, tinggal bagaimana mengelolanya menjadi seperti apa.. Anak IPA atau IPS tidak ada melulu kerjaanya yang berhubungan dengan itu, jurusan cuma bekal terkait pembelajaran apa yang sudah pernah dipelajari, nanti juga di kuliah akan berbeda bangeet penerapannya, tapi ilmunya tetap akan digunakan.

    Saya dari IPS tapi ngambil IT, memang agak berlawanan banget sih.. Tapi karena saya suka, dan hobi disana jrusan bukan menjadi penghambat buat saya.. Semua bisa dipelajari dan kita bisa asalkan kita mau belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah banyak univ yang ndak mau anak IPS masuk ke jurusan kuliah IPA-nya :v.

      Hapus
  7. Nah sebagai yang sudah om2 (menjijikkan yah wkwkw) saat anak saya masuk SMA dia memilih IPA atas kesadaran sendiri. Namun kemudian dia merasakan pasionnya bukan mipa, tapi kepada desain.

    So ada baik2nya adek2 tes bakat aja dulu untuk menentukan pengen masuk mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAI OM H3H3H3H3.

      Nah benerrrr... bole tes bakat aja kalau masi ragu ya nak-anak childrennnn

      Hapus
    2. biar jadinya pendaftaran karena di depan. Kalo dibelakang namanya penyesalan

      Hapus
  8. Setuju, mas. Enaknya jurusan IPA saat SMA tuh waktu kuliah bisa milih jurusan. Dulu waktu SMA aku jurusan IPA, kuliahnya akuntansi alias IPS. Tapi rada tertatih-tatih juga ngikutin mata kuliahnya, karena dosen kan nganggepnya semua mahasiswanya lulusan IPS. Jadi harus belajar semuanya dari awal sendiri. Yang asli lulusan SMA IPS sih lebih enjoy menjalani hari-hari perkuliahan dengan santai, karena tinggal lanjutin pelajaran masa SMAnya dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya, kalau bisa linear aja antara SMA dengan jurusan yang dituju di kuliah :D.

      Hapus
  9. Saya dulu malah nyobain kedua jurusan itu.
    Awalnya di IPA, tapi karena nggak sreg dan takut arwahnya nggak tenang, pindah ke IPS. 😁

    Dan sekarang nyaman ama minat di sejarah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kalau ada trial class kayak begini dimanfaatin baik-baik ya adek-adek :D.

      Hapus
  10. Tulisan ini mengingatkankan saya saat mengajar debat, mosi yang sengaja saya buat untuk jadi bahan debat anak - anak ialah Jurusan IPS lebih penting daripada jurusan IPA. Sengaja pula saya pilih anak anak IPS pro dan IPA kontra, riuh sekali simulasi debat saat itu, segala ide cerdas siswa diutarakan dengan cara yang elegan, lantas saya balik, IPS kontra dan IPA pro, sesungguhnya ini cara licik yang membohongi nurani siswa tetapi sengaja dibuat untuk mengetahui cara mereka berargumentasi, namanya remaja yang penuh semangat membara, tak ada yang mau mengalah. Di bagian akhir kami simpulkan bahwa jurusan IPS dan IPS sama-sama penting, tinggal pilihan dan kondisi sebagaimana dijelaskan dalam tulisan inilah yang harus dipertimbangakan anak - anak untuk memilih jurusan di perguruan tinggi kelak, so tetap semangat semua ilmu yang dipilih dan ditekuni pasti berfaedah untuk masyarakat banyak... semangat gaesss @

    BalasHapus
  11. dulu pas saya SMA ada jurusan bahasa. ngagk tahu sekarang

    BalasHapus
  12. Terus ...,pilihan akhir jurusan yang kamu pilih apa, Mike 🤔?.

    Aku juga pernah bimbang nentuin akan ambil jurusan IPA atau IPS.
    Oleh guru pembimbing, aku dimasukkan ke IPA tapi setelah kupikir2 ulang kutolak karena cemas duluan bayangin aku bakalan kelimpungan ngadepin soal Kimia, Fisika dam matematila yang lebih njlimet.

    BalasHapus
  13. IPA atau IPS? Tergantung cita-citanya setelah lulus SMA sih. Logika di IPA bisa dikalahkan dengan hafalan rumus dan teori-teorinya. Hafalan IPS bisa dikalahkan dengan logika pas bikin jembatan keledainya. Yang penting emang serius belajarnya.

    Nah, yang harus diperhatikan adalah jurusan pas kuliah. Soalnya, kuliah kan belajarnya mandiri, jadi kalau nggak suka dan nggak ada faktor pendorongnya, ya bakal repot. (Gue pernah punya temen yang benci hitungan dan nggak suka programming. Tapi kuliah IT di Gunadarma, lulus IP 3,4 lho. Soalnya kalau dia nilainya gak bagus gak bakal dibayarin kuliahnya, jadi dia belajar serius.)

    BalasHapus
  14. Dulu pas jaman SMA, kami sebelum milih penjurusan harus ikut psikotes dulu. Dan tadaa hasilnya otak saya itu masuk dalam kategori IPA dan IPS. Seimbang gitu katanya, kalo mau masuk IPA ya saya ngehitu bisa, dan IPS saya juga bisa ngehafal. Tapikan gak ada jurusan yg dua2nya diembat wkwk

    Alhasil saya milih ips, secara saya sadari banyak hitungan di IPA keluar dari nalar saya. Kalo di IPS masihlah otak saya nyambung, apalagi di ekonomi huh sukak😍

    BalasHapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.