News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Review Windows 10 Build 10586 Codename "Threshold 2"


Microsoft telah memberikan update besar-besaran pada sistem operasi kebanggaannya, Windows 10. Sejak awal Windows 10 dirilis, sudah ratusan juta perangkat terpasang dengan sistem operasi Windows 10. Banyak banget pengguna Windows yang puas dengan Windows 10, yang merupakan perbaikan dari Windows 8.1. Termasuk gue.

Windows 10 dirilis secara resmi dengan codename "Threshold", build 10240. Namun, pada November 2015, Microsoft memberikan update besar-besaran kepada Windows 10 dengan codename "Threshold 2", build 10586 atau yang sering dikatakan "November Update/Fall Update". Keren yah nama-namanya, ga kayak nama mantan kamu. #ciyee #baper #hahaha.

Di Windows 10 Build 10586, banyak banget fitur-fitur baru dan perbaikan-perbaikan yang super duper keren. Tapi yang akan gua bahas setitik kecil dari pembaharuan di Build 10586 ini.

Kelebihan

1. Bisa mengubah warna title bar di window.
Ya, mengingat di Build 10240 tidak bisa mengganti warna title bar, maka Microsoft memberikan pembaharuan yaitu agar bisa mengubah warna title bar seperti di generasi pendahulunya, Windows 7 dan Windows 8/8.1. Seperti ini.


Gimana caranya?

Buka Settings


Klik "Personalisation"



Klik pada bagian "Colours"



Scroll down sampe ketemu bagian "Show colour on Start, taskbar, action centre, and title bar" dan ubah menjadi "On"



2. Desain menu disempurnakan.
Karena ke-tidak-konsisten-an desain menu pada Build 10240, maka pada Build 10586 desain menu lebih disempurnakan.



3. Start menu lebih dipoles dan makin oke.
Kalau ini berdasarkan pengamatan gue. Di Build 10240, Start Menu terasa lebih berat dan kurang responsive. Tapi, di Build 10586 ini, Start Menu sudah ringan dan terasa responsive dengan beberapa animasi yang diubah (hanya bisa dilihat dengan ketelitian dan detail).



4. Tablet mode lebih oke dan keceh.



Tablet mode pada Build 10586 menurut gua sudah oke banget. Kenapa? Karena di tablet mode a.k.a. Continuum bisa membuat lebih mudah pengguna tablet Windows untuk menjalankan perangkatnya. Bagi yang sudah biasa pake Windows 8, kamu ga bakal kesusahan pake tablet mode di Windows 10 Build 10586 ini.

Proses switch antara PC dengan tablet mode terkesan sangat halus, tidak seperti di Build 10240.

5. Menu di Start Menu mulai ada ikon-ikon kecil.
Mungkin ini terlihat sepele, tapi ini bisa menambah ketertarikan kita pada Windows 10. Coba deh lihat gambar di bawah ini.



6. Cortana lebih oke.
Cortana di sini bisa membaca tulisan tangan, catatan, dan lain sebagainya.



7. Microsoft Edge, browser handal besutan Microsoft.
Pembaharuan terjadi juga pada Microsoft Edge. Microsoft Edge terkesan lebih ringan dan lebih cepat dalam hal surving di internet. Salah satu update bagi Microsoft Edge adalah tab view.



8. IT'S FREE! (tapi kuotanya bayar ya.. :D)
Ya, gratis! Microsoft berikan Windows 10 ini gratis sampai 29 Juli 2016, setahun setelah Windows 10 di-launching-kan. Dan free update buat build 10240 via Windows Update. Ke websitenya Microsoft atau Windows aja untuk lebih lengkapnya.

Kekurangan

1. [MASIH] Adanya ketidak-konsistenan desain.
Seperti yang terjadi pada bagian menu.



Mungkin ini akan disempurnakan pada mayor update selanjutnya, yaitu ber-codename "Redstone" yang akan dirilis 2016 nanti.

2. Microsoft Edge belum mendukung add-on.
Entah kenapa, tapi yang pasti pada update Windows 10 selanjutnya (Codename "Redstone") rumornya Edge bakal dibekali sama add-on.



3. Taskbar nge-lag waktu ada notifikasi setelah hubungkan USB
Perlu dicatat, ini mungkin hanya terjadi di laptop gua, atau ada selain gua yang mendapatkan masalah ini.

Gue hampir tidak menemukan kekurangan dari Windows 10 Build 10586. Mungkin karena tertutupi oleh banyak pembaharuan-pembaharuan yang keceh dari Microsoft.

So, itu hasil review gue tentang Windows 10 Threshold 2. Kalo ada yang kelupaan, komen ya..

- - -

Event 28 Juni 2016 "NGERAYAIN ULTAH" (UPDATE 4)
Wah, ada apa 28 Juni 2016? Masa lupa sih guys. Blog ini sudah 2 tahun di internet guys pada tanggal 28 Juni nanti. Ya, begitu. Nah, gua mau mengungkapkan rasa terima kasih gua ke kalian atas 2 tahun ini. Nah, gua mau mengadakan event kecil-kecilan yang pasti terjadi juga di dunia maya karena blog ini ada di dunia maya dengan hadiah, NGIKLAN GRATIS APAPUN (BOLEH PRODUK, BLOG, WEBSITE, TOKO, AKUN IG, ATAU APAPUN ITU) DI BLOG INI SELAMA 6 BULAN! Serius. Kalian boleh pilih tempatnya, boleh di bagian header, boleh di sidebar kanan, boleh di sidebar kiri, dan di mana aja. Nah, berikut ini cara-caranya ya.


1. Hitung huruf U, L, T, A, dan H di posting "Anak Baru: Final" yang akan dipublish tanggal 6 Februari 2016 pukul 19.00 nanti,

2. Event ini bakal dimulai sejak post "Anak Baru: Final" dipublikasikan sampai tanggal 27 Juni pukul 23.59 WIB.

3. Isi hasil jawabanmu di comment form di page ini dengan format:
            U: ... huruf
            L: ... huruf
            T: ... huruf
            A: ... huruf
            H: ... huruf
         Alamat email/apapun (kecuali pin BBM, ID LINE, ask.fm, no. telpon, atau apapun sejenisnya, tapi harus familiar yaa): ...

Untuk memudahkan kalian untuk memberikan jawaban, kalian bisa langsung kontak ke gua, misalnya kalo kalian punya kontak BBM gua bisa langsung chat pribadi ke BBM gua,

4. Jika ada yang memenangkan, pemenang akan diumumkan tanggal 28 Juni 2016 pukul 10.00 pada posting "Second Anniversary: Ngerayain Ultah" dan akan dikontak langsung tanggal 29 Juni 2016 oleh Mike untuk step selanjutnya,

5. Jika pemenang tidak mengkonfirmasi 1x72 jam, maka kesempatan dianggap hangus.

6. Maksimal jumlah pemenang adalah 3 orang.

Jadi, itu cara buat menang. Enam poin di atas mungkin bisa berubah tanpa pemberitahuan yang luas. Makanya, stay tuned aja di blog ini. Gampang kan, ga usah follow-follow akunnya Mike. Hahaha.

Hope you can join this event!

Komen dong h3h3h3h3

6 Komentar

  1. Masih berkutat dengan Win7. Udah sayang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, emang kalo udah sayang ga mau ganti.. Ciye...

      Hapus
  2. Sudah terlanjur cinta sama windows 7

    BalasHapus
  3. Aku mash nyaman pake windows 8, Mas..
    Pernah coba pake 10 sih tapi kurang nyaman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok aneh ya, padahal banyak orang yang lebih ga suka Win 8 :v

      Hapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.