News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Pengalaman Bikin Animasi Kartun dengan PowerPoint


Oke, judulnya keliatan aneh, tapi emang kenyataannya begitu. Gue bikin kartun pake PowerPoint sampe gila sendiri. Tapi ga bikin gue kapok sih. Wkwkwkwkwkwk.

Oh ya lupa nyapa. HALO GAES! Selamat datang kembali di Michael David Blog. Selamat menikmati hari Minggu buat semuanya. Untuk pertama kalinya dari sekian lama Michael David Blog pindah jadwal update di hari Minggu pagi jam 9. Gue harus geser jadwal update blog ini karena kesibukan gue sebagai pelajar udah mulai menggila di kelas 12 ini. Banyak tugas yang udah melambai-lambai minta dikerja'in. Mungkin kejadian di kelas 9 bakal kejadian lagi ini. Wowkowkowkowk :').

Oke, balik ke topik.

Buat kalian yang udah pro di bidang peranimasian pasti buat animasi pake After Effects atau sejenisnya. Beda dengan gue, gue ga seberapa bisa After Effects karena tampilannya yang paling membuat bingung jika dibandingin sama produk-produk Adobe yang lain, jadi bagi gue AE itu susah buat dipelajari.

Waktu itu kita semua satu kelas dapet project buat bikin video dari praktikum Biologi, yaitu buat model sel. Nanti videonya adalah tentang penjelasan bagian-bagian sel dan proses pembuatan model selnya itu gimana. Nah, karena gue dan kelompok gue pingin sesuatu yang baru (dan yang pasti nilai tambahan :v), kita akhirnya memutuskan buat bikin animasi.

Lumayan nekat saat itu karena gue yang ngusulin. Gue cuma mikir kalo bikin animasi-animasi biasa di PowerPoint itu gampang, jadi harusnya bikin animasi kartun itu lebih gampang, karena cuma buka-tutup mulut sama gerakin tangan dan kepala. Ternyata ga segampang itu sodara-sodara.

Sebelum lanjut, gue jelasin dulu ya konsepnya begimana.

Jadi gini, animasi kartun ini dikarakteri oleh 2 orang bersahabat yang bernama Bagus sama Abadi (ga usah tanya nama-nama ini terinspirasi dari mana, coba Google aja wokwokwokwokwowk). Mereka berdua ini botak. Gue males bikin rambutnya soalnya. Wkwkwkwkwkwk.


Gue buat ini pake Photoshop dulu, terus gue pisahin per bagian yang mau gue animasi'in. Misalnya tangan, kepala, mulut, alis, mata, dan lain sebagainya. Terus gue buat animasinya di PowerPoint. Pekerjaan rumit dimulai :').

Animasi'innya harus satu-satu sesuai anggota tubuh mana yang mau digerakin. Mulai dari tangan, mata, kepala, dan lain-lain. Ini contohnya.

Kacamatanya ketinggalan :').

Kalo mau lihat hasilnya, baca dulu postingan ini sampe akhir yak! :D.

Nah, itu cuman satu gerakan. Per karakter udah gue list ada 4 motion, yaitu diam, nunjuk, nyapa, sama ngomong. Berarti ada 8 motion yang harus gue buat. Itupun aja ga sempurna, gue lupa kalo perpindahan dari ngangkat tangan ke turun tangan harus ada motionnya :'). Tapi, setidaknya kita berhasil buat yang beda daripada yang beda wokwkowkowkowk.

Ini memakan waktu yang lumayan panjang. Syukur deadline-nya 1 bulan lagi. Jadi masih bisa agak nyantai lah waktu itu.

Meskipun rada deg-degan karena takut ga selesai wowkokwokwokow.

Setelah semua motion dah selesai, rekaman suara juga udah, semua konten pendukung juga udah selesai dibuat, sekarang waktunya nggabungin di video editor supaya jadi video yang diminta sama gurunya. Ini sebenernya gampang, cuman waktunya aja yang sama-sama lama kayak bikin motion satu-satu. Durasinya lumayan panjang sih menurut gue. Ini timeline video editor-nya.


Itu gue bikin sampe mabok sodara. Ga ada yang bisa bantu'in gue di kelompok, karena mereka juga ga bisa. Ya udah deh, demi kalian senang. Wkwkwkwkwkwk.

Baik, kalo kalian mau nonton hasilnya, dipersilahkan nonton di bawah ini. Bukan gue yang upload, tapi guru gue. Rupanya beliau senang. Wkwkwkwk.

Temen-temen sekelompok seneng, guru gue juga seneng. Sepertinya kok saya aja yang senep ya :v.



Baidewei, gue yang jadi Abadi. Hehehehe :D.

Udah segini aja postingan hari ini. Gue bukanlah seorang pro, gue cuma orang yang mau belajar dan tekun ngelaku'in hal ini. Jadi, tiada yang mustahil kalo kita mau belajar. Ga nyangka kan PowerPoint bisa dibikin video kayak begini kan? Gue juga :v. Intinya adalah mau belajar dan tekun. Oh ya, satu lagi, berani coba-coba. Semua ini gue awali dengan coba-coba. Gagal? Pernah! Tapi itu yang bikin gue makin semangat.

Baiklah, sampe ketemu minggu depan di hari Minggu jam 9 pagi! BABAI~~

Komen dong h3h3h3h3

51 Komentar

  1. Lumayan okelah, meski pakai PowerPoint. Prosesnya cukup sulit ya. Saya pakai PowerPoint cuma buat infografis aja, kalo animasi belum pernah nyobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan sulit sih, lebih tepatnya ribet. Haha.

      Mari coba :D.

      Hapus
  2. Walaupun cukup sederhana animasinya tp pasti bikinnya susah ya, aku biasa pake PPT buat presentasi & bikin guideline buat review produk doang, ga kepikiran PPT bisa buta bikin animasi juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah bikin desain rumah mba hehehe

      Hapus
    2. @Ursula Meta Rosarini: Ayo mba coba hahahaha :D.

      Hapus
  3. Kamu kok niat banget sih nak. Tapi kreatip sih. Gak kayak gw yang daya imajinasinya menyedihkan.

    BalasHapus
  4. Keren, kebayang ribetnya menyiapkan gambar dasar kemudian gerak alis ma mulut disesuaikan dengan narasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalo lama kelamaan pasti kebiasaan kok bang hehe :D.

      Hapus
  5. Sumpah, kreatip banget kak. imajinasi yang harus tetap dijaga kelestariannya.... PPT buat bikin animasi. cool tools...

    BalasHapus
  6. Keren, terus terang walau umur uda tua saya belum pernah berhasil buat animasi dahulu pernah nyoba dan akhirnya nyerah pake AE, dan saya baru tau PP bisa untuk buat animasi karena yang saya tau PP cuma buat text :D ketauan buta aplikasi

    BalasHapus
  7. Animasi berarti bisa gerak gitu yaaa, tapi bentukannya masih kotak bulet gitu yaa.., coba Microsoft ni menyediakan tombol kek di corel gitu, biar dari yang kotak bisa diubah border radiusnya gitu dll.. Pasti keren banget wkwkw ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... sayangnya ngga. Mungkin ya karena memang fungsi utamanya bukan buat begituan :D.

      Hapus
  8. wih canggih kali skill animasi power point nya. untuk pendidikan memang cocok sih karena visualnya jadi lebih mudah diingat. namun untuk presentasi resmi kadang kebanyakan animasi malah bikin buyar peserta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, iya. Ntar malah konsen ke animasinya hahahahahahaha.

      Hapus
  9. wah.. kok bagus ya hasilnya.. g nyangka itu dibuat dari power point..videonya bisa terkesan hidup gtu.. mau dong belaajr juga..

    BalasHapus
  10. Waaaahh kerenn sih kreatip.. presentasi enak yah kalau gtu. Walaupun buatnya mati-matian.

    Topiknya juga mantul sel tumbuhan.. bikin nostalgia gtu.. wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha terima kasih! :D

      Nostalgia pelajaran biologi jaman sekolah ya, mas? :D

      Hapus
  11. baru tau saya bisa pake power poin

    BalasHapus
  12. Kereen ya ternyata bisa jg di pake buarpun dng ssh payah... Kepingin bgt bisa bikin animasi yg lucu" tp ga iso 😭😭 sukses selalu blognyaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba-coba aja mbaa... pasti bisa! :D

      Aminnnnn. Sukses juga buat blognya mba! :D

      Hapus
  13. Ya ampyyyuuuunn, mestinya kamu ngajari anakku nihh.... Bocahku tertarik hal beginian.

    BalasHapus
  14. Kreatif beeet ya anaknyaaaa :D

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. Hmm.. animasinya udah ada sejak dulu mas. Ini cuma pengembangannya aja :D.

      Hapus
  16. mantapsaya jujur baru tau suer

    BalasHapus
  17. Hey... ini keren sih menurutku. Soalnya aku nggak jago sama power point tapi akhir-akhir ini penasaran. Soalnya bisa buat presentasi atau nambah grafis di blog dengan tidak membosankan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba dicoba! Lumayan berguna loh PPT ini buat kita-kita yang awam :D.

      Hapus
  18. tapi benar lho power point emang memiliki fitur animasi, tinggal bagaimana kita jadi kreatif saja... terutama menggambar bentuk orang dan hewan agak sulit ketimbang buat sepeda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kok menurut saya lebih sulit bikin sepeda ya hmmmmmmmm wokwoowowkokwowo :v.

      Hapus
  19. wah boleh nih ilmunya buat dipelajari,, supaya tampilan power point pas presentasi lebih "hidup".. cuma kalau ribet gini harus fokus bgt ngerjainnya, terutama buat newbie ahaha..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kudu fokus, kalo ngga gak selesai-selesai :D.

      Hapus
  20. Keren banget lho animasinya. Pasti butuh kesabaran ekstra luar biasa ya

    BalasHapus
  21. Saya paling males kalau disuruh buku animasi. Harus detil dan sabar banget! Mendingan bagian nulis dan script aja. Hahaha...

    BalasHapus
  22. Animasinya Mantap ndro.. 🤓

    BalasHapus
  23. dek (aku panggilnya dek aja ya) keren sih kontenmu
    iya ini penting banget dulu aku pas sma mana bisa buat gini
    eh aku malah fokus sama medok suroboyonya asyik banget...

    keep it up!

    BalasHapus
  24. boleh kayaknya dibuatkan tutorialnya... menarik juga. kalau pake AE memang agak ribet dan kalau kompi spek nanggung bisa keberatan jg. mungkin terik ini salah satu solusi untuk jelan lain membuat animasi

    BalasHapus
  25. Aku pernah ya nontonin youtuber berhari-hari demi membuat animasi di Power Point biar presentasiku menarik gitu. Hmm... setelah dua mingguan, aku menyerah. Kok ya rumit banget ya? Harus setelaten itu dan kenapa kamu berhasil membuatnya. Wow... it's really cool!

    BalasHapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.