News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Mengakhiri Kisah Putih Abu-Abu


Senin, 4 Mei 2020 gue dan temen-temen seangkatan nerima pengumuman kelulusan onlen. Ya, emang sih agak lambat daripada sekolah-sekolah lain, tapi ndak masalah sih buat gue, YANG PENTING LULUS HAHA. Puji syukur ke hadirat Tuhan YME, gue dinyatakan lulus tanpa ngejalanin UN, iya itu, ujian terkutuk itu HAHA.

Hari ini gue mau cerita'in kesan gue selama 3 tahun di SMA. Semoga gak ngebosenin ya. Kalo bosen ya SANA TUTUP AJA NDAK USAH BALIK LAGI.

Eh eh, jangan ditutup dong... Canda, ding. Tetep baca sampe akhir yaaaaaaaaaaaaa h3h3h3h3h3 :v.


Untuk gimana gue awal-awal masuk alias waktu ngikutin MOS, silahkan baca aja di postingan ini ya. Gue males ngetik-ngetik lagi h3h3.

Di setahun pertama gue di SMA, terutama di bener-bener awal, gue bener-bener ngeliatin satu-satu mana yang cocok jadi temen w. Ada yang sempat masuk list ini, tapi karena satu dan lain hal akhirnya dicoret juga dari list. Gue juga mulai ngeliatin sifat-sifat mereka satu-satu. Ada temen w yang bisa dengan gampang w masuk, ada yang harus dengan 'trik khusus' baru bisa gue masuk.

Gue juga ngeliatin siapa-siapa yang berhak masuk ke dalam list musuh gue :v. Bukan bermaksud menambah musuh loh ya sodara, tapi namanya di lingkungan itu pasti harus ada orang-orang tertentu yang harus kita jauhi-sejauhnya. (((Ya ampun Mike, dirimu dah makin dewasa yaaaa :v.)))

Semua ini gue laku'in supaya gue bisa nyaman dan tentram di SMA. Mungkin, adek-adek bisa ngikutin apa yang om laku'in ini ya :) *hoek.

Lanjut.

Pelajaran pertama yang bikin gue kaget di SMA adalah Fisika. Begitu masuk udah disambut dengan angka penting dan kawan-kawannya. Mana materinya beda banget sama SMP yang notabene cuma masukin rumus selese. Alhasil nilai nge-pres yang gue dapet pas ulangan Fisika pertama di SMA :). Dan... kalian bisa tebak lah, berapa nilai ulangan-ulangan Fisika gue selanjutnya :).

YA JELEK-JELEK LAH SODARA :v. Dapet nilai bagus di ulangan Fisika buat gue adalah sebuah keajaiban. H3h3.


Di awal masa gue di SMA, gue dapet banyak guru dengan macam sifat yang berbeda-beda, gak kayak di SMP. Ada yang kudu serius, kudu formal, ada juga yang bisa diajak becandaan kayak temen sendiri. Tapi, kebanyakan banyak yang kek temen sendiri. Jadi ngomong apapun itu bisa leluasa. Ya, tetep aja ada batasannya ya sodara h3h3.

Di satu tahun pertama ini semuanya belum pada keliatan sifat aslinya. Nah, di tahun kedua, di kelas 11, baru pada kelihatan semuanya. Gimana nih, cerita'in gak nih? CERITA'IN AJA EGE, KAN UDA LULUS HIAHAHAHAHAHAHAHAHAHA *ketawa jahad*.


Ya intinya ada yang awalnya diem-diem ternyata cuawak'an, ada yang awalnya malu-malu jadi malu-malu'in :v, dan ada juga yang awalnya keliatan baik ternyata nusuk dari belakang :). Semua itu kebuka seiring berjalannya waktu. Sadly, banyak di antara mereka yang ternyata di depan baik ternyata busuk di belakang :'). Intinya lagi, semakin ke tahun kedua ini, circle gue makin sempit.

Di tahun kedua gue di SMA ini, gue juga dipercaya oleh pihak sekolah untuk jadi salah satu dari sekian banyak anak untuk jadi panitia di perlombaan antar SMP tahunan yang diada'in sekolah. Kesempatan pertama buat gue untuk jadi panitia lomba di sekolah. Soalnya gue dari SMP gak pernah serius kalo dijadi'in panitia, ya alhasil seringnya dikeluarkan dari kepanitiaan dengan cara tidak terhormat WKWK.

Kalian bisa baca pengalaman pertama gue jadi panitia lomba di sini.

Tahun kedua di SMA ini pelajarannya makin ngeri sodara-sodara, terutama pelajaran MIPA-nya. Emang bener sih yang dikata'in orang-orang, kalo susah-susahnya pelajaran itu dimulai pas kelas 8 dan kelas 11. Matematika ketemu banyak angka yang makin non-sense, Biologi ketemu semakin banyak nama makhluk ekstrateresterial (I think :v), Kimia ketemu banyak reaksi yang gue ga paham faedahnya apaan, dan Fisika ketemu banyak rumus dan itung-itungan yang bisa dibuat alasan bunuh diri :v.

Salah satu tugas di kelas 11 yang paling berkesan adalah pembuatan FTV, tugas Bahasa Indonesia. Bener-bener menguras tenaga, emosi, dan pikiran. Kalian bisa baca lengkapnya di postingan ini. Gue males ngetik lagi aseli h3h3.


Ya, singkat cerita, gue bisa ngelalui kelas 11 dengan sedikit lancar :v.

Masuk ke tahun ketiga di SMA. Gue udah nyangka kalau tahun ketiga, terutama semester keduanya pasti jadi masa repot-repotnya gue. Secara gue masi ada satu project mangkrak dari kelas 10 :v. Ya, meskipun itu yang mangkrak gak cuman gue, tapi satu kelas :v.

Di semester ganjil ini gue dipercayai lagi untuk jadi panitia lomba tahunan yang uda gue sebut di paragraf-paragraf sebelumnya tadi. Dan... gak nanggung-nanggung, gue langsung diangkat jadi ketua panitia siswa secara aklamasi :v. Selain itu, gue juga dipercaya pihak sekolah untuk nyelesai'in semua desain publikasi maupun non-publikasi, kayak banner, poster, video promosi, keplek panitia, dan lain-lain. Kalian bisa baca ceritanya secara lengkap di postingan ini. Lagi, gue males ngetik lagiii h3h3 :v.

Salah satu kerjaan gue di sana, bikin poster.

Di akhir-akhir semester ganjil, gue dipercayai menjadi salah satu layouter di majalah sekolah. Lebih tepatnya, majalah sekolah yang hidup lagi setelah bertahun-tahun hiatus :v. Banyak bat sodara yang harus diurusin di sini, soalnya ada batasan jumlah halaman, jadi harus mikirin supaya tiap artikel bisa masuk dan tiap halaman itu enak bacanya alias tulisannya gak ndusel-ndusel kalo kata orang Jawa. Belom lagi foto dan sponsor yang masuk telat. Dikira udah selese, ternyata belom gara-gara begituan. Ya, untunglah bisa terbit juga majalahnya. H3h3.

Ini dia foto cover majalah yang isinya gue bantu layout'in isinya.

Semester ganjil di tahun ketiga sudah gue lalui dengan lancar (yang sebenernya gak lancar-lancar amat sih WKWK). Masuklah ke semester genap...

Semua, satu angkatan kek dikasih surprise, cuma bedanya ini gak enak :v. Tugas-tugas itu kalo digambarin pake kurva, itu kurvanya naiknya tajem. Emang bener dugaan gue di awal-awal tahun. Yang buat tugas banyak ya si uprak alias ujian praktikum. Kalo dulu SMP upraknya digabung-gabung (misal IPA sama Komputer, Agama sama Bahasa Inggris), sekarang di SMA gak. Entah memang ga boleh atau gimana gue ndak tahu(-menahu :v).

Banyak (or maybe hampir semua :v) tugas ujian praktikum yang bikin gue stres. Fisika, ada tugas buat alat yang ada konsep Fisikanya, harus ada listriknya, dan berguna di kehidupan sehari-hari. Gue dan 2 temen di kelompok udah sepakat buat bikin dispenser mini. Gue dan kelompok udah riset (CIYAH RISET :v) di internet gimana bikinnya, dan gampang. Kita bertiga udah maju ke guru, dan guru pun setuju. Baiklah, waktunya hunting alat bahan.

Nah, waktu hunting alat bahan, kita kesusahan sama satu bagian penting dari dispenser mini ini, yaitu pompanya. Iya, pompa mini. Kita bertiga cari-cari se-Surabaya gak ada yang jualan ding :v. Ya, gue nemu sih satu, tapi nggerakinnya kudu pake aki. Ya kali pake aki, kan jadi berat gitu kan ya dispenser mininya :v. Kita sempet puter otak mau bikin yang lain, tapi guru w bilang jangan. Katanya dispenser mini ini bagus. Mati w :v. Akhirnya kita berusaha cari onlen, dan puji syukur ke hadirat Tuhan YME, ketemu :v. Ya, meskipun dengan harga yang cukup mahal meskipun udah dibagi 3 orang :v. Setidaknya udah ketemu lah ya. Gue akhirnya bisa tidur dengan tenang :).

OH YA, w juga mau terima kasih buat temen w, Ibuk Natasya yang uda bantu orderin dari Tok*pedia, siapa tau baca. THANK YOU YAWWW~~~. Baidewei, data lu aman kan, Nat? H3h3h3h3h3 :v.

Setelah ketemu alat dan bahan, kita langsung kerja dan ngerekam sebagai bukti kalo kita kerja. Dann... alatnya berhasil jalan doooongggg~~~

Terima kasih YouTube :).

Uprak Bahasa Indonesia ada FTV lagi. Kali ini w harus bagi tugas ngedit. Aseli uprak kali ini banyak banget editan videonya sodara. Kalo gue ndak bagi tugas ngedit di uprak Bahasa Indonesia gue bisa mati konyol di depan laptop dong :v.

Jadwal shooting FTV dengan shooting tugas yang lain yang buat kita ndak ada jadwal jalan-jalan dan maen game. Gak cuma satu kelompok gue, tapi kelompok yang lain juga. Oops, sorry, I think I'm wrong, mungkin cuma gue yang ndak ada waktu jalan-jalan ama nge-game. Masi banyak yang bisa jalan-jalan dan nyambi push rank tuh. Kerja gak tuh ya anaknya? H3h3 #MikeSedikitMenyindir :v.

SINDIR AJA EGE, KAN UDA LULUS (2) WOKWOKWOKOWKOWOKWOKWKWOK :v.


Ini dia hasil uprak Bahasa Indonesia kita.



Gue bantu'in bikin opening bumper, poster, ama credit title-nya. Sooo... shout-out to the main video editor, temen w yang uda bela-bela'in begadang buat ngedit FTV ini, Axceldio a.k.a. Kaka Diooo! :D

Uprak Biologi kita ada 3 proyek yang masing-masing diambil dari materi kelas 10, 11, dan 12. Proyek dari materi kelas 10 sama 11 aman, nah proyek dari materi kelas 12 yang agak jadi masalah. Materi kelas 12 kelompok gue dapet uji enzim katalase. Sebenernya sih gampang praktikumnya, cuman yang bikin ribet itu bahannya, terutama zat kimia yang namanya Hidrogen Peroksida alias H2O2. Gara-gara si H2O2 ini praktikum kita sampe ngulang 2 kali, jadi 3 kali praktikum.

Menurut teori, hati ayam kalo kenak H2O2 itu bakal berbusa, nah ternyata nggak berbusa sama sekali. Itu juga terjadi di percobaan kedua dan seterusnya. Kita sekelompok curiga dong, apa yang salah ini. Kita sempat menduga kalo yang salah itu hati ayamnya, kurang fresh. Praktikum kedua, kita coba lagi pake hati ayam yang lebih fresh, dan hasilnya sama aja. Akhirnya kita curiga dengan si H2O2 yang kita pake. Dan bener aja, setelah diganti dengan H2O2 yang baru, praktikum kita berhasil. H2O2 yang kita pake ini ternyata udah rusak alias udah pada nguap dan sisa cuma air aja di botol itu (for your info, si H2O2 ini punya sifat yang gampang nguap. Jadi gak bisa sembarangan asal buka terus ditinggal tanpa cepet ditutup. Jadi, kemungkinan H2O2 yang kita pake ini dulunya dengan teledor dibuka terlalu lama ama kakak-kakak kelas kita saat praktikum :v).

Ini 3 video ujian praktikum yang udah gue upload. Siapa tau bisa membantu dedek-dedek kelas om nanti waktu ujian praktikum h3h3h3h3h3 *hoek.








Ujian-ujian praktikum yang lain, sama aja tugasnya, gak ada yang enteng. Kalaupun ada yang enteng, pasti gak enteng-enteng banget. Hampir semua mewajibkan kita berkelompok. Ya, intinya kita dilatih kerjasama. Ya meskipun ndak semua kerja yah h3h3. Ingat prinsip benar sebuah kerja kelompok, satu orang kerja, yang lain seneng-seneng berkelompok. Ya udah, biarin aja kalo gak mau dilatih kerjasama sejak awal. Sampai jumpa di kehidupan sebenarnya ya HIAHAHAHAHAHAHAHA :) *ketawa jahad lagi* (sebenernya ini w ngewakilin salah satu temen gue yang curhat ama gue sih h3h3).

Pengalaman 3 tahun di SMA ini akan jadi tulisan berharga di otak jangka panjang gue. Semoga gak lupa di kehidupan selanjutnya. Banyak kenangan yang ga bisa ditulisin satu-satu di sini. Terlalu banyak, aseli!

Akhir kata, saya mau ngucapin terima kasih banyak pada guru-guru yang udah mau mampir sekejab di kehidupan saya buat ngajarin saya--bukan cuma ilmu, tapi juga gimana jadi manusia yang berarti dan ngebantu nemu'in arah tujuan hidup saya. Mungkin, dengan berjalannya waktu dan keterbatasan ingatan manusia, akhirnya saya pun lupa dengan bapak-ibu sekalian, tapi nilai-nilai yang udah ditanam bakal terus tertanam dan tumbuh di diri saya--bahkan tanpa saya sadari sekalipun.

*AW COCWIT SEKALEH MIKE INIII :3*

Akhir kata lagi (h3h3 :v), gue juga mau ngucapin terima kasih sama semua anak-anak seangkatan, baik yang mau nerima gue apa adanya, bahkan jadi sahabat gue, maupun yang malah nge-julid dan nggiring massa buat ngebenci gue (really, itu beneran ada gengs h3h3 :v). Secara gak sadar, kalian udah mengajarin banyak hal ke gue, gimana berteman yang baik, saling support kalo ada satu yang down, sampe gimana cara milih temen yang baik dan ga nusuk dari belakang (((satir h3h3))).

Sekian postingan hari ini. Gue minta maap ya kalo di beberapa poin di postingan ini isinya nyindir nan nyinyir. Gue lagi di mode satir pas lagi nulis ini HAHA #MikeModeSatir. Eh, bagus juga ya kalo dibuat jadi segmen HAHAHAHA :v.

Sampe ketemu lagi di postingan selanjutnya! Babai~

Komen dong h3h3h3h3

34 Komentar

  1. Subjek Sains Tulen memang susah.
    Apapun saya kagum kamu aktif dalam ko-kurikulum (persatuan) dan kurikulum (pelajaran).
    Saya tidak seperti kamu yang rajin. Hehe. Jaga diri.

    BalasHapus
  2. Dulu pelajaran yang paling saya sukai adalah fisika dan matematika. Kalau beologi kurang begitu menyukai, apalagi bahasa indonesia,aduh membosankan.
    Kenangan paling indah, putih abu-abu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah anehnya malah suka nulis hihihi

      Hapus
    2. @Djangkaru Bumi: Kok mending B. Indo ya wkwkwkwkwk.

      Hapus
    3. @Reyne Raea (Rey): Nah nah aokwowkowkwowk.

      Hapus
  3. Kalau saya pelajaran yang bikin bete itu fiskim alias fisika kimia.
    Fisikanya saya bosan menghafal rumus.
    Kimianya saya bete juga menghafal kode-kode kayaknya hahaha.

    Kalau saya memang sejak SD suka bahasa, STM bahasanya juga suka, mesku nggak suka gurunya galak banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaknya guru galak tu diapain mba biar jinak aokwowkowkowkwow.

      Hapus
  4. Hebat! Masa terindah nih selama mengenakan putih abu, apalagi dengan seabrek prestasi. Selamat ya, makin sukses buat ke depannya...

    BalasHapus
  5. sama nih, gw kadang kalo di tempat baru, pasti juga pilih-pilih siapa yang cocok jadi temen dan siapa yang enggak, atau di jauhin lah paling enggak :D.. karna yang namanya orang gitukan, gak semuanya baik, jadi harus pinter-pinter cari temen :D

    BalasHapus
  6. Nah, kalau aku masuk kategori kayak temenmu yang suka cuwawakan ...

    Pernah guruku saking kesel ngeliat aku ketawa ngakak tanpa sadar lost control saat pelajaran berlangsung gegara aku ngetawain celotehan gaje dari temenku ..., aku dilempar pakai penghapus papan tulis πŸ˜‚!.
    Ujung2nya aku disuruh keluar kelas ngga boleh ngikutin pelajarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aokwowkowkwowkowkwowk, kalau smpe dilempar wah dabest si aokwowkowkwowk.

      Hapus
  7. masa putih abu-abu itu adalah masa terindah dalam hidup lho, memori2nya bakal terkenang terus..

    fisika emang ngeselin bgt,, bikin pening pala, haha..

    -traveler paruh waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak cuma buat pening pala, bikin pening jiwa juga aokwowkowkwowk.

      Hapus
  8. Saat SMA pelajaran yang buat pusing ya Fisika dan Kimia.
    Masa-masa SMA memang banyak kenangan suka dukanya dalam milih teman. Ada teman yang matre milih teman kaya-kaya doang. Tapi masih ada teman yang baik hati dan mau memberi support.
    Kalau guru pasti yang keinget itu pasti guru-guru yang galak.

    Selamat atas kelulusannya. Dan Selamat memasuki dunia baru sebagai mahasiswa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fisika dan kimia memang bedanya apa mbak? Bukannya sama sama pelajaran IPA?

      Hapus
    2. @Justcherry: Terima kasih! Doakan ya kak :D.

      Hapus
    3. @Agus Warteg: Beda dong, mending masnya cari di gugel aja. Ntar kalo saia jawab malah entar jadi kek postingan aokwowkowkwowk.

      Hapus
  9. Alhamdulillah saya ngga masuk SMA sehingga tidak pusing mikirin pelajaran, apalagi matematika yang harus apal angka-angka, bikin pusing saja.

    Eh, tapi selamat ya Mike sudah lulus biarpun ngga lewat UN.πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHA, lulus tanpa UN itu kek ada sesuatu yang ngeganjel gitu aowkowkwowk.

      Hapus
  10. Selamat mas David udah lulus SMA. Ternyata seangkatan ma anak sulung saya yg lulus lewat jalur corona :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? Selamat juga buat anaknya masnya ya :D.

      Hapus
  11. Saya jadi kebayang, kalau saya balik SMA dengan beban PR sebanyak itu, plus tugasnya banyak bikin video pelajaran dan FTV, bisa lulus ga ya? Gila PR anak anak sekarang memang canggih canggih ya

    BalasHapus
  12. Ihh udah lulus..

    Nyogok yah biar lulus?

    Wkwkwkwk

    BalasHapus
  13. Keren ya ada tugas pembuatan FTV jd bisa buat kenang2an pas lulus gini.. Selamat dong ya.. Sudah lulus SMA :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa buat kenang-kenangann.. :D

      Terima kasih, mbak :D.

      Hapus
  14. Waah selamat Mike.
    Sekarang mau memasuki "the new jungle" in the new era.

    Jadi, daftar ke kampus mana?

    BalasHapus
  15. tahniah tahniahπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.