News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Be Yourself


Setiap orang mempunyai kepribadian yang berbeda. Gue sangat yakin akan pernyataan itu. Setiap orang juga memiliki beberapa pendirian yang berbeda. Ada yang akan mempertahankan pendiriannya, juga ada yang ingin mengikuti pendirian orang lain. Ya, itu yang gue benci. Ini bisa juga disebut dengan plagiarism atau plagiarisme. Plagiarisme adalah kegiatan entah mencuri/menyalin/bahkan mengakui ide/karya dari orang lain.

Plagiat
Plagiat adalah salah satu tindakan tidak terpuji yang sering dilakukan oleh manusia. Tak terpungkiri oleh para blogger juga. Ya, meskipun ada yang kebetulan sama topik yang dibahas oleh blogger satu dengan yang lain. Karena di dunia ini ada ribuan bahkan jutaan blogger, jadi tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa tulisan yang sama dengan blogger lain. Tapi, kalau kita sudah mengenal blogger tersebut, dan model tulisannya itu hampir sama, itu yang harus dipertanyakan.

Plagiator
Don't to be a plagiator. Ya, sudah jelas plagiat itu dilarang, berarti plagiator itu juga dilarang. Plagiator adalah orang yang menjadi pelaku dari plagiat itu sendiri. Ya, gue benci orang-orang plagiator. Buat para plagiator, lo mlagiatin orang lain, dan kalau karya asli lo diplagiatin orang lain, apakah lo mau? Jadi, kalau lo ga mau di-plagiatin, jangan mem-plagiatin orang lain. Ingat, hubungan timbal balik.

Plagiarism
Kalau bagian ini menurut pengertian gue ya. Menurut gue, sekali lagi menurut gue, plagiarism adalah suatu ajaran dari plagiat itu sendiri. Gue sangat menentang ajaran ini. Sebenernya sih, kalau ajaran plagiarism yang bener adalah dengan membubuhkan kalimat: "sumber:..." atau "terinspirasi dari:...". Nah, itu yang bener. Kalau mau mlagiatin orang, jangan lupa untuk kasih kalimat tersebut. Istilahnya "ide originalnya".

Ke-original-an Posting
Ya, gue mau meng-klarifikasi atas posting-posting yang ada di blog ini. Seluruh posting di blog ini adalah hasil dari pengolahan kata-kata gue sendiri! Tanpa ada sistem plagiasi, tanpa ada tujuan buruk.

Gue sebenernya benci sama plagiarism dan berbagai macam jenis dari plagiarism itu sendiri. Sebenernya lagi, plagiarism itu lebih parah daripada copas. Gue sangat yakin itu. Lebih merugikan, ya lebih merugikan plagiarism. Pokoknya, parah.

Sudah sampai segini aja posting untuk malam minggu hari ini, ya mblo. Gue harap plagiarism itu sedikit demi sedikit terkikis di Indonesia. So, sampai ketemu di malam minggu selanjutnya, mblo.

Komen dong h3h3h3h3

4 Komentar

  1. Setuju tuh! Plagiarisme ada dimana-mana. Bahkan orang terdekat pun bisa mencuri karya kita ya :(

    BalasHapus
  2. kalo gue sih be yourself aja :D

    BalasHapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.