News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Kuliah Sambil Kerja(?)

Wah buseeetttt 2 taon lebiiihhh kaga nengokin blog iniiiii wakakakakaka. Semoga gue ga kehilangan kemampuan buat merangkai kata-kata yak :v.

Di era artificial intelligence kayak sekarang, sungguh godaan buat nulis pake ChatGPT itu keras banget. Tapiiii gue janji ke kalian dan ke diri gue sendiri buat 100% gapake ChatGPT pas ngisi blog ini. Dan kalo misal klean ni yaaa tiba-tiba ada yang kurang kerjaan trus ngecek blog ini berapa persen AI-made writing-nya dan dapet angka yang tinggi, gue pastiin itu ketidaksengajaan yagesya :v.

via GIPHY

Sebelum masuk ke postingan, mungkinnnn MDB yang sekarang bakal beda dengan MDB yang lalu. Gue masih mau mikirin lagi blog ini bakal diapain dan dibawa ke mana setelah gue selesai dengan segala kesibukan dan kerepotan gue. Banyak hal yang perlu lebih diproritasin.

Baidewei, ini gue mau pengakuan dosa dulu. Gue tetiba keinget kalo gue masih punya blog yang harus diurusin akwokwokwokw, dan cukup terkejut kalo postingan terakhir gue ada di 14 Agustus 2021 :v. Monmaaaaaaaappppp yagesyaaaaaaaaa *emot doa*.

via GIPHY

Jadi gaes, guweh lagi repot kuliah ma kerja. Buat yang blom tau, gue kuliah di salah satu perguruan tinggi di Surabaya di jurusan Desain Komunikasi Visual alias DKV, daaann bentar lagi gue bakalan sidang judul buat tugas akhir gue. Doain gue yaaaa gessss. Ndredeg mode on  :').

via GIPHY

Terussss, buat yang belom tau juga, gue juga kerja di salah satu gereja di Surabaya sebagai salah satu desainer grafis dan LED content director di sana. Jadi, tiap hari gue ketemu sama project-an disen seabrek tiap minggunya aowkowokkow.

Sebenernya, jujur, cape banget kuliah sambil kerja itu. Karena, menurut gue nih ya, ketika kita mutusin buat kuliah sambil kerja, kita ga bisa mendahulukan salah satu. Maksudnya gini, di satu sisi pendidikan itu penting luar biasa, tapi di satu sisi kita juga digaji secara profesional oleh perusahaan. Jadi, gue salah satu orang yang ga setuju kalo ada orang yang kuliah sambil kerja tapi ngutama'in salah satunya. Buat gue, semua harus jalan bareng, semua harus selesai, semua harus tuntas. Ga boleh ada yang dikorbanin dari kedua hal tersebut.

Tapi, dengan prinsip yang kek begini, gue jadi ngorbanin hal yang laen ni sodara-sodara. Apa ituuuu? Ya, ente semua benar, waktu tiduuuuurrrrr :').

via GIPHY

Bener, gue kerja dan kuliah di bidang yang gue suka. Bener-bener dream come true. Tapiii... percayalah sodara-sodara, hobi kalo dijadiin kewajiban, ga akan senyaman kalo hobi dibiarin tetep jadi hobi :v. Kenapa? Karena kita ketemu ama satu entitas yang cukup meresahkan yaitu deadline. Kalo ga percaya, coba tanya temen-temen gamer yang dibayar profesional buat maen game, apakah hobi mereka masih jadi hal yang nyaman apa ndak. Aokwookwkowk.

Tapiiii, bukan berarti ga menyenangkan yagesya. Kapan-kapan gue cerita'in lebih banyak tentang ini yaaaa :D.

Balik ke topik.

Dengan banyaknya kewajiban yang harus gue selesai'in, gue harus ngorbanin waktu istirahat gue. Ga jarang gue ngantuk-ngantuk di kantor, boyok mengalami penuaan dini (:v), badan ga enak tapi kudu ngampus, sampe pernah ambruk kaga bisa bangun dari kasur alias sakit beneran. Gue sadar, ini ga sehat, tapi ya mogimanalagiyagesya.

via GIPHY

Tapi, dengan pilihan gue buat kuliah sambil kerja, gue jadi ga seberapa kaget sama project-project yang dikasi ama dosen-dosen gue, karena percayalah, meskipun gue kerja di gereja, tapi deadline-nya ga kalah kejem sama klean yang kerja di sekuler. Percayalah. Pernah gue dalam waktu empat hari kerja doang nyelese'in delapan materi desain. Belom lagi kalo waktu kita ada event, gue sebagai LED content director di sana bakalan full spaneng, karena harus nyiapin gimana bakal tayangan LED dalam satu ibadah. Kapan-kapan gue cerita'in lebih dalem yaaa :).

Terus, dengan pilihan gue buat kuliah sambil kerja, gue jadi belajar yang namanya komunikasi, terutama dengan orang-orang yang ada 'di atas' gue. Gue belajar buat terima arahan, kasih feedback, dan kasih kritik dengan baik. Selain itu, gue juga belajar juga gimana cara ngomong yang baik, yang showing respect buat mereka yang di atas secara struktur organisasi. Hal ini terbukti dari beberapa temen yang nyodorin guweh ke dosen-dosen buat komunikasi dan berhubungan sama mereka, semacam jadi perantara gitu #nyombongdikit aowkwkkowkow.

Ngga si, ini ceritanya gue selalu dijadiin tumbal buat ngomong ke dosen. Dahlah :').

via GIPHY

Selain itu, dengan kuliah sambil kerja, gue jadi unlock banyak banget hal yang gue belum pernah dan belum berani buat pelajarin dulu. Misalnya, sebelum gue bertobat (:v), gue nganimasiin segala sesuatu pake PowerPoint, even itu animasi yang rumitnya setengah metong, gue bakal paksa'in buat bikin di PowerPoint. Ga ada alasan laen selain gue kaga bisa AE alias After Effects aokwokowkow. Tapi, sejak gue kerja, yang di mana gue akhirnya diwajibin buat pake AE, ya akhirnya gue belajar dan puji Tuhan lumayan bisa lah ya aowkokowkow.

Jadi, dengan adanya benefit ini, gue jadi ga kaget baik di kuliahan maupun di kerjaan. Karena sebagian besar gue uda pelajarin duluan, entah itu di kerjaan dulu atau di kuliahan dulu. Jadi, begitu dosen nerangin salah satu materi yang ternyata makanan gue sehari-hari di kerjaan, ya uda didengerin sambil nyantai aja aowkwowkow. Begitu juga sebaliknya, kalo di kerjaan tiba-tiba ada project-an baru dan ternyata uda diajarin di kuliahan, gue bisa jadi lebih efektif ngerjain project-an tersebut.

Baidewei lagi, kalo dibilang gue nge-unlock skill lebih banyak dari kuliah atau kerja, jujur gue akan bilang skill gue lebih banyak ke-unlock di kerjaan, karena kerjaan itu project-projectnya real bin nyata wujudnya di lapangan, jadi ya banyak explore-nya di sana. Ga jarang tiba-tiba gue mendadak jadi MacGyver yang 'menghalalkan' segala cara (maksudnya cari cara-cara ga keduga yagesya, bukan berarti doing harm :v) demi project-annya jadi, selesai, dan sesuai dengan harapan :v. Tapi, bukan berarti gue ga dapet ilmu sama sekali di kuliah loh yaaa. Banyak juga yang gue dapetin pas kuliah di DKV ini, misalnya gimana cara nulis skenario (iya, di DKV juga belajar tentang perfilman aokowkookw) yang baik dan benar, baik secara tata tulis maupun secara alur cerita. Ya, meskipun gue juga masih struggling parah di hal itu, tapi at least pernah belajar :v.

Sebenernya kuliah sambil kerja ga ada ruginya. Selain nambah duid jajan untuk berfoya-foya ngebantu ekonomi ortu, kita juga dapet pengalaman yang warbyasah juga nge-unlock berbagai skill, baik itu soft skill maupun hard skill. Cuman ya gitu, kudu siap-siap ngorbanin waktu istirahat demi ngejar dedlenan kuliahan dan kerjaan. Jadiiiiiii yuk menderita bersama AOWKOKWOKWKOW ga perlu ragu buat ngambil kerjaan sambil kuliah :D. Mungkin freelance akan jadi pilihan yang lebih manusiawi, tapi ga akan ngejanjiin pendapatan tetap. Tapi up to you sih, semua pilihan baik dan bener, selama disesuaikan sama keadaan dan kondisi masing-masing :).

via GIPHY

Udah dulu ya ngetik ngalor-ngidul kali ini. Mangattttt buat klean yang milih jalan yang sama dengan gue, yaitu kuliah sambil kerja. Moga-moga dikasi kesehatan buat ngejar dedlen-dedlen yang ada ya! Jangan lupa istirahat #ngingetindirisendirijuga :v. Demi masa depan kayak Discord light mode yang cerah ceria gemilank terank benderank silawwwwww meeennnn!!! :D

via GIPHY

Komen dong h3h3h3h3

0 Komentar