News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Jadilah Masyarakat yang Cerdas!

Udah, ga usah pake pembukaan-pembukaan segala. Hari ini gue bener-bener kesel!


Halo masyarakat Indonesia, Look at me, I speak to you, terutama buat penyebar HOAX via chatting app! Bisa kah kalian jadi masyarakat yang cerdas, tidak langsung mempercayai suatu berita yang gak jelas asalnya dari mana? Bermodalkan kalimat "dari grup sebelah" kalian sebarkan message itu dengan dalih sayang dengan kerabat? Asal kalian tau, message kalian malah memperkeruh keadaan saat ini, paham? Bukannya malah menyebarkan ketenangan, malah menyebarkan kerisauan dan ketakutan!

Halo masyarakat Indonesia yang ngaku-ngaku pinter dan sukanya menggurui, I SPEAK TO YOU. Untuk apa kepintaranmu kalau kamu langsung aja percaya sebuah berita yang kamu terima tanpa kejelasan sumber, dan kamu langsung bagikan lagi ke orang lain, tanpa memastikannya dulu di media-media terpercaya? Wahai para "profesor-profesor" yang pandai, dengan menyebarkan HOAX, berarti Anda-Anda telah menyukseskan tujuan para teroris, yaitu buat keresahan!

Maaf, sebenernya kalian ini pinter atau bodoh sih? Jujur, gue bingung!

Perlu gue ingetin, Indonesia punya Undang-Undang yang namanya UU ITE, yang kalau kita terbukti melanggarnya, hukumannya sangat berat. Apa aja kategori pelanggarannya? Banyak, salah satunya adalah terkait penyebaran HOAX itu sendiri.

Dan teruntuk kalian yang belum menyebarkan HOAX, please jangan ikut-ikutan mereka. Dah cukup mereka aja, jangan ditambah kalian. Ibu Pertiwi gak perlu orang-orang penyebar HOAX seperti mereka. Yang saat ini diperlukan Ibu Pertiwi adalah penyebar kesejukan, kedamaian, dan ketenangan. Maka, sebarkanlah hal-hal itu, jangan informasi-informasi yang gak jelas sumbernya dari mana.

Orang-orang penyebar HOAX ini udah gak bisa dibilangin dengan kata-kata halus "Jangan menyebarkan HOAX", tapi harus dikasari kayak di postingan ini (asal kalian tau, tulisan ini udah gue edit berkali-kali supaya bahasanya jadi lebih halus). Bukan karena gue kurang ajar, bukan karena gue durhaka karena banyak penyebar HOAX via chatting app adalah orang-orang tua yang (maaf) minim pengetahuan, bukan karena gue sotoy, tapi gue mau meluruskan semua ini. Udah banyak pihak yang dirugikan dengan adanya pesan-pesan HOAX selama ini--terutama saat terjadi teror bom di Surabaya. Gak perlu gue sebutin apa aja pesannya, karena buanyak banget message HOAX yang gue terima. Gue juga mau njagai kalian jangan sampe kalian kena UU ITE. Gue juga gak mau kondisi sekarang semakin keruh karena HOAX yang kalian sebarkan.

Janji sama gue ya, jangan nyebarin lagi sebuah informasi yang ga jelas kebenarannya ke dunia luas ya. Tapi, kalo tetep dilakuin, ya udah siap-siap aja, jurang yang tak terkira dalamnya sudah menanti kalian. Yang penting kalian udah baca peringatan gue di postingan ini.

Terserah kalau ada yang ga suka dengan postingan gue kali ini. Yang penting, gue udah menyuarakan kebenaran.

Sekian, terima kasih.

Komen dong h3h3h3h3

0 Komentar