News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Tips Ngerjain Ujian yang Sulit

Sebelumnya, gue mau promosi dulu kalo gue pernah tulis postingan serupa di blog ini, tapi yang versi ujian yang pada umumnya, bukan yang versi ujian yang sulit (kalo sama ngapain gue nulis lagi coba :v). Kalian bisa check di sini.


Sebagai pelajar yang udah punya pengalaman 12 setengah tahun berpusing ria, sekaligus berpengalaman mengerjakan ujian dari yang bisa dinalar akal sehat sampe yang buat rohnya Albert Einstein kebingungan, gue punya beberapa tips supaya kalian bisa survive di sekolah dan lulus tepat waktu, salah satunya tips saat ngerjain ujian yang sulit materinya. Tips-tips ini gue buat sendiri, dan lumayan efektif buat gue. Siapa tau kan, tips-tips gue bisa manjur ke kalian yang sedang gundah gulana *apa sih Mike :v*.

Berikut beberapa tips yang udah gue rangkum selama perjalanan gue jadi pelajar buat ngerjain ujian yang sulit materinya. Semoga aja bisa cocok sama kalian. Ngehehehehe.

1. Dilarang panik dan bingung serta cemas. Gue udah punya pengalaman. Pernah suatu saat ada ujian, susah materinya, dan gue cemas. Sebenernya udah bisa, tapi waktu ujian langsung nge-blank akibat cemas itu tadi. Alhasil, nilai gue gak maksimal. So, jangan pernah panik, bingung, dan cemas saat ujian melanda.

2. Persiapkan segalanya dengan maksimal. Inget, maksimal. Kalo belajar, sebisa kemampuan. Kalo emang masih bisa lanjut belajar, ya lanjutin. Tapi, kalo emang ga bisa, ya udah, mending berhenti, ketimbang materi yang lain lupa. Persiapkan juga semua alat-alat yang dipake nanti waktu ujian, kayak pensil, pulpen, penghapus, penggaris, dan segala macem yang diperlukan nanti. Jangan pernah pinjem-pinjem! Selain karena ada aturannya, dengan pinjem-pinjem sama aja ngganggu orang laen, dan keliatan banget kalo kayak orang miskin! :v.

3. Jangan sekali-sekali nyontek! Inget, tujuan adanya ujian itu untuk ngukur sejauh mana kita memahami sebuah materi. Nah, kalo kita nyontek, kan berarti itu bukan 100% hasil kita belajar. Ya gak? Nah, kalo gitu, masih bangga dapet nilai 100 tapi hasil nyontek? Kalo kata Cak Lontong, "Mikir..." :v.

4.  Kalo memang belum berhasil di ujian itu, ya gapapa, ga perlu khawatir. Santai! Masih ada cara lain buat ngangkat nilai itu. Masih ada remidial, nilai-nilai tugas, dan nilai-nilai lain yang siap ngangkat nilai kamu biar bagus. Asal, kalian ngerjain hal-hal itu jangan sembarangan juga. Kumpulin juga harus tepat waktu. Terus, satu lagi, jaga pula sikap di sekolah. Kenapa? Bisa aja guru liat kita berperilaku baik, terus nilai kita diangkat. Gue bisa ngomong gini karena gue ngalamin. So, masih banyak cara buat ngangkat nilaimu yang jatuh.

Tapi ya tetep yak, kalo bisa jangan sampe jelek nilainya :v.

Udah, 4 aja tips dari gue untuk sukses ngerjain ujian yang sulit. Setiap orang sebenernya punya caranya masing-masing sih menurut gue. Gue nulis ini supaya kalo ada orang yang belum nemuin cara bisa pake cara gue, siapa tau cocok. Ya kan? Ngehehehehe.

Punya tips lain? Jangan pelit, share dong di kolom komen. Okeeee? Sampe ketemu di postingan selanjutnya. BABAAAAIIII~

Komen dong h3h3h3h3

0 Komentar