News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Asian Para Games 2018: Dia yang Terbatas, Ternyata Tak Terbatas

Set your soul on fire
Let it burn!
Let your spirit high
and reach the sky!

Di atas itu merupakan salah satu lagu yang dinyanyikan saat Upacara Pembukaan Asian Games 2018. Gue yang ngeliat di YouTube merinding sendiri, gak nyangka orang Indonesia bisa buat event segede dan semegah itu.
Belom bisa move on? Nih, gue kasih videonya! :D

Nah, bentar lagi pesta olahraga lain yang gak kalah akbar akan diadakan kembali, yaitu Asian Para Games, sebuah kompetisi olahraga untuk para atlet disabilitas dari negara-negara di Asia.

Bukan tentang Asian Para Games-nya, tapi tentang atlet-atletnya.

Akhir-akhir ini, gue sering ngelihat gimana para atlet-atlet yang mau tanding di Asian Para Games, terutama atlet Indonesia, berlatih dengan giat. Gue merasa kagum, karena dengan keterbatasan mereka, mereka masih mau bertanding demi mengharumkan nama negeri mereka. Seakan-akan, tubuh dan jiwa mereka bukan milik mereka sendiri, tapi punya negara.

Gue kagum, dengan keterbatasan mereka, mereka masih bisa melakukan apa yang belum tentu kita orang normal bisa ngelakuinnya. Mereka hebat. Mereka bisa melampaui keterbatasan mereka.

Ini merupakan sebuah pertanyaan besar, kenapa mereka yang disabilitas bisa melampaui keterbatasan mereka, sementara kita yang normal, ga bisa melampaui keterbatasan kita.

Memang, tiap orang punya kelebihannya masing-masing. Tapi, satu yang gue yakini, kelebihan itu bisa diasah. Sebagai contoh, orang yang awalnya ga bisa di matematika, jika belajar tekun, orang tersebut akan jadi pinter di matematika. Contoh yang lain, orang yang awalnya ga bisa basket, kalo orang tersebut mau rajin latihan, orang tersebut pasti jago basketnya. Contoh terakhir yang lain, orang yang nggambar acak-acakan, kalo mau latian giat, gambarannya pasti bakalan keren.

Akhirnya gue nemukan jawabannya.

Kita yang normal ini kebanyakan males. Males buat latian, males buat belajar. Kita yang normal sering merasa cukup dengan kelebihan yang kita punya. Kita, sebagai orang normal, seharusnya lebih bisa ngembangin kemampuan kita dibanding dengan mereka yang disabilitas.

Bukan berarti gue nyepelekan mereka yang disabilitas loh ya.

Kalau mereka yang disabilitas bisa, berarti harusnya kita lebih bisa. Cuma tergantung, kitanya males apa nggak. Kalau nggak, ya kemampuan kita akan lebih berkembang, bahkan mungkin kemampuan yang lain bakal bertambah. Kalau males, ya udah, bakalan stagnan, bahkan bisa berkurang kemampuan kita, karena jarang diasah.

Mereka para atlet disabilitas udah memberikan gue motivasi untuk menjalani hidup, di kala banyaknya masalah dan tantangan yang gue hadapi. Kalau mereka aja bisa menghadapi segala keterbatasan, masalah, dan tantangan yang ada, berarti gue harusnya lebih bisa. Jujur, gue bersyukur dengan keberadaan mereka yang mau break their limits.

Nah, di kesempatan kali ini, gue juga mau nyatain dukungan gue untuk para atlet disabilitas yang Indonesia punya. Gue yakin, mereka ga bakal ngecewain kita. Gue yakin pula, nama Indonesia akan dikenal dan harum di kancah internasional, karena gue liat mereka udah berlatih semaksimal mungkin untuk negara ini.

Semangat para atlet Asian Para Games dari Indonesia! Buat Ibu Pertiwi terharu melihat perjuangan dan prestasi kalian!

Komen dong h3h3h3h3

2 Komentar

  1. Kita juga harus memberikan wadah serta kesempatan yang sama kepada para penyandang disabilitas...agar mendapat hak yang sesuai sebagai sesama manusia

    BalasHapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.