News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Berani Jujur, Hebat?


Hai halo bapak-bapak, ibu-ibu, om-om, tante-tante, kakak-kakak, serta adik-adik. Selamat datang di Michael David Blog! Kalau Anda di sini, berarti Anda sedang berada di sini. *apaan sih Mike :v*

Sebelumnya, gue himbau supaya kalian baca sampe akhir postingan ya biar ga salah paham. Ngehehehehe.

Sebagai pelajar yang baik hati tidak sombong serta rajin menabung (sengaja ga dikasih koma biar bacanya cepet :v), gue nyaris ga pernah bolos sekolah. Gue bisa aja ga ada absen yang bolong selama 1 tahun pelajaran. Gue bolos kalo bener-bener-bener-bener mendesak. Kadang, kalo sakit-pun gue paksain buat masuk kok. Meskipun tak jarang berujung pada ambruk-nya badan gue :v.

Oke, lanjut.

Nah, karena gue nyaris gak pernah bolos sekolah, otomatis gue juga nyaris gak pernah liat papan tulis di kelas gue. Di papan tulis kelas gue, itu ada semacam stiker yang bertuliskan "Berani jujur, hebat!". Slogan yang sering dipakai KPK.

Sumber: Antara Foto

Memang, kalimat dengan 3 kata itu sudah sering banget gue lihat dan baca di papan tulis kelas gue. Tapi, entah kenapa, di pagi itu *ciyailah :v*, gue merasa ada yang ngganjel. Dan, gue pun berpikir, kenapa harus ada kalimat itu di papan tulis kelas gue? Terlebih, kenapa harus ada kalimat itu di mana-mana di negeri ini?

Gue jadi mikir agak berat.

Timbul pertanyaan di benak gue, apakah segitu jarangnya kejujuran di negeri ini sampai-sampai jujur aja dibilang 'hebat'?

Kita semua tau kalo kata 'hebat' itu dikasih ketika ada sesuatu yang ga biasa, mengagumkan, dan kawan-kawannya. Sementara itu, hal-hal yang sudah biasa ga bisa disebut dengan 'hebat'. Contoh, ada seorang bayi 3 bulan yang bisa nyanyi "Rap God" sambil joget (:v). Kita bisa bilang kalo bayi itu hebat. Tapi, kalo ada nenek-nenek yang udah bungkuk dan ga bisa jalan, kita ga bisa bilang itu 'hebat', karena udah sering terjadi--bahkan selalu terjadi pada orang lansia.

Nah, kalo jujur dibilang 'hebat', berarti jujur itu ga biasa dong?

Kalo ga biasa, berarti jarang dong orang melakukannya?

Gue rasa, kejujuran harus dibiasain di kehidupan kita. Memang, di saat kita jujur, pasti ada yang 'ga enak'. Kita harus nanggung banyak resiko, di antaranya malu, hukuman, atau apapun itu yang nyiksa. Tapi, coba pikir dulu. Kalo kita biasain diri untuk jujur, pasti nanti bakal banyak banget yang percaya sama kalian. Bakal banyak banget 'promosi' yang bakal dateng, baik itu kita sadar maupun ga sadar.

Gue nulis ini bukan bermaksud untuk menggurui. Gue juga sering jatuh di area ini. Tapi, gue akan berusaha untuk bangkit. Gue juga masih belajar tentang yang namanya 'kejujuran', kok. Ga ada orang di dunia ini yang sempurna, kecuali Andra and The Backbone :v.

Sempurnaaaahh...

Mari, kita buat 'kejujuran' menjadi hal yang biasa di bumi Indonesia. Eh, ga usah muluk-muluk dulu lah, di sekitar kita dulu aja. Ga ngurus orang lain mau ngelakuin 'kejujuran' apa nggak, diri kita dulu aja. Gue juga mraktekin hal ini, terutama di sekolah. Tiap ujian, gue berusaha untuk ngandelin kemampuan otak gue yang super rewel kalo dibuat hafalan. Gue akan tetep pada pendirian gue. Dengan kata lain, gue gak ngurus temen-temen gue yang pada nyontek itu. Kalaupun hasil ujian gue jelek, gue ga masalah. At least, gue berhasil ngerjain ujian gue dengan 100% kemampuan otak gue dan tanpa bantuan siapapun di kelas.

Udah ya, sampe segini dulu aja postingan kali ini. Semoga postingan ini dibaca oleh seluruh rakyat Indonesia *ngarep bener lu Mike :v*.

Sampe ketemu minggu depan!

Komen dong h3h3h3h3

8 Komentar

  1. bener banget kata2nya kak david, gausah muluk2 nyuruh orang berbuat jujur, tapi dari kita sendiri dulu aja selalu ngomong jujur, otomatis nanti semua orang akan jujur dan aman tentramlah negeri ini ya kak

    BalasHapus
  2. Setujaaaaa... wkwkwkw
    Skrang mah jujur itu barang langka yah. Hehehe
    Cukup dari diri sndiri aja mulai untuk jujur, meskipun ane kalau lagi ujian masih call a friend.. heheh susah booooyyy soalnya.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener-bener barang langka. Makanya, kalo punya itu barang pasti bangga puuoolll kalo kata orang Surabaya :D.

      Hapus
  3. Mari kejujuran dimulai dari diri kita sendiri, sehingga bisa menjadi teladan bagi orang lain.

    BalasHapus
  4. jaman sekarnag kjujuran itu hal langka...
    sebisa mungkin aku meghindari berkata tidak jujur...
    semoga gak termasuk orang2 yang jujur.

    ya mending apa adanya aja sih, soalnya kalo bohong kan otomatis harus inget setiap kebohongan supaya gak keceplosan dan kebongkar...jadi malah nambah beban pikiran lagi kan. Mending apa adanya aja kan yah... di lain waktu nanti pas cerita lalu terjebak sama omongannya sendiri kan malah bikin malu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata ga cuma gue yang ga bisa bo'ong wkwkwkwk. Bener, mending apa adanya, ketimbang malu nantinya :D

      Hapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.