News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Bikin FTV

Sebelum ada yang protes, gue mau minta maap (lagi :v) kalo minggu lalu gue ga bisa ngupdate blog ini. Bulan-bulan ini gue bener-bener sibuk. Banyak tugas proyek di sekolah dan juga banyak tugas-tugas non sekolah yang harus gue kerjain. Salah satu tugas proyek di sekolah gue ini yang akan gue ceritain di sini. Huehehehe.

Bulan Januari akhir, guru Bahasa Indonesia gue ngasih tugas tahunan yang semua anak kelas 11 bakal ngalamin di sekolah gue, yaitu bikin FTV. Ya, kalo gue bilang, ini bukan FTV, tapi lebih ke film kecil-kecilan. Satu kelompok isinya separuh kelas. Karena satu kelas isinya 24 anak, jadi satu kelompok isinya 12 anak. Tergolong banyak, tapi cocok sama tugasnya, bikin FTV dengan durasi minimal 30 menit.

Kita dikasih waktu 1 bulan. Jadi, pengumpulannya bulan Februari akhir. Lumayan singkat menurut gue, karena gak cuma tugas itu yang harus kita selesaiin. Jadi ya kudu pinter-pinter ngatur waktu.

Gue masuk ke kelompok yang tergolong lamban. Lamban bukan karena gak niat, tapi banyak yang punya urusannya masing-masing. Jadi, ngumpulin satu kelompok itu ampun susahnya. Akhirnya, kita harus bikin siasat sedemikian rupa biar proses rekaman tetep jalan.

Awalnya, kita mau pake cerita yang ada di blog ini, yaitu segmen Your Guardian Season 1 dengan sedikit perubahan di sana dan sini. Tapi, di tengah jalan, kita semua sepakat buat ganti cerita karena cerita itu susah rekamannya. Ya intinya ribet lah. Kita semua ganti cerita itu di kurang dari tiga minggu sebelum pengumpulan tugas.

Waktu itu pula, komandan di kelompok gue diganti. Yang awalnya gue, gue kasih ke temen gue yang lain. Kenapa? Karena dia yang lebih ngerti ceritanya, jadi gue pikir bisa lebih cepet dan efisien kalo dia yang ngomandani.

Karena waktu yang tersisa kurang dari 3 minggu, gue yang ditunjuk jadi video editor menjerit di hati. Kenapa? Gue kalo ngedit video itu ga bisa gerak cepet. Gue bakal bener-bener merhatiin sedemikian rupa apa yang gue edit. Kalo ga gitu, ada aja yang salah edit. Gue mikirin gimana caranya biar tugas ini bisa ngumpul tepat waktu dan ga nyiksa gue. Alhasil, ada beberapa hal yang harus korbanin, termasuk ngisi blog ini. Maap ya gaes.

Ada beberapa crash di kelompok kita. Ada konflik online juga konflik offline yang kita alamin. Ya, maklum. Namanya kelompok yang isinya anak-anak yang masih dalam masa puber, jadi ya pada labil :v. Tapi ya, puji syukur ke hadirat Tuhan YME, gue gak terlibat dalam crash-crash itu :v.

Kita mulai lagi rekaman dua minggu sebelum pengumpulan. Mau gak mau, kita harus ngebut. Tapi, bentrok sama kepentingan pribadi lagi. Oh ya Gusti.. :v.

Gue baru dapet satu demi satu stock video-video rekaman dari HP-nya anak-anak itu 2 minggu gak nyampe sebelum jadwal pengumpulan. Satu per satu, gak semuanya langsung. Itu yang buat gue ga bisa ngedit dengan lancar jaya.

Konsep awal FTV yang kita buat ini yang buat gue agak berteriak nangis sebagai editor. Kita punya konsep multicam alias pake lebih dari satu kamera hampir di semua scene. Namanya aja kita masih pelajar alias ga punya budget sama sekali buat beli atau sewa mixer video beserta kameranya (ya ngapain juga bela-belain nyewa bahkan beli barang begituan cuma buat tugas Bahasa Indonesia :v), akhirnya kita pake seadanya. HP anak-anak dengan kualitas dan karakteristik yang berbeda-beda. Gue harus nyamain dulu suara dari satu kamera dengan yang lain, belom lagi ada beberapa dari hasil rekaman yang audionya gak masuk lah, audio sama videonya gak sama-sama jalannya, dan lain sebagainya. Dan, gue baru bisa kerja kalo semua video dalam satu scene sudah dikasih ke gue, gak bisa satu-satu.

Gue masih inget, waktu itu hari Kamis sama Jumat, 21 sama 22 Januari, gue maksa anak-anak biar ngasih semua video hasil rekaman yang ada di HP mereka, ga boleh ada yang kelewatan. Gue agak keras kepala saat itu, kalo gak, kita ga bisa kumpul tepat waktu. Oh ya, btw, tanggal pengumpulannya itu 25 Januari alias hari Senin. Puji syukur ke hadirat Tuhan YME lagi, semua video dari scene-scene yang udah rekaman berhasil nyampe ke gue. Akhirnya gue bisa ngebut di 2 hari itu.

Gue juga masih inget, sampe hari Jumat itu, kita kurang dua scene. Kedua scene itu merupakan scene ending. Kita udah janjian Sabtu kita lanjutin. Tapi... masalah selanjutnya datang dan lumayan membuat gue dan semua hierarki di kelompok gue puyeng tujuh galaksi bolak-balik.

Pemeran utamanya tiba-tiba sakit.

O GOD!

Puji syukur ke hadirat Tuhan YME lagi dan lagi :v, tiba-tiba gue dapet ide buat ngakalin ini. Satu scene harus dihapus, dan scene yang lain kita pake pemeran lain yang mukanya gak diliatin. Ya, at least, kaki sama tangannya mirip sama pemeran utama kita.

Pulang rekaman, gue langsung ngedit scene terakhir itu, terus nggabungin kurang lebih 25 scene dalam satu video, lengkap dengan nambahin backsound dan beberapa 'polesan'. Gue selesainya lumayan malem, dan itu yang buat gue gak ngupdate blog ini minggu lalu.

FTV kita berhasil melampaui durasi minimal, yaitu 45 menit. Puji Tuhan!

Oh ya, gue udah upload di YouTube nih. Kalian bisa tonton di sini yak! :D


 
Kalo gak bisa di-play, kalian bisa tonton lewat link ini.

Itu dia pengalaman gue buat FTV berdurasi 45 menit. Gimana menurut kalian FTV kelompok gue? Komen di bawah. Punya pengalaman yang sama? Atau punya pengalaman yang lebih greget? Komen juga di bawah yak. Gue tunggu!

Oh ya, bulan-bulan ini gue bener-bener sibuk ngerjain banyak tugas proyek yang ada di sekolah gue. Jadi, gue gak janji bakal bisa terus ngupdate blog ini secara konsisten selama beberapa bulan ini. Tapi, gue tetep janji, gue bakal ngusahain buat ngupdate blog ini di tiap Sabtu jam 7 malem. Begitu yak. Hehehehehe.

Sampai jumpa di lain kesempatan. BABAI~~

Komen dong h3h3h3h3

42 Komentar

  1. Pas nonton video-nya, terasa nonton FTV.. Tapi yang bikin menarik, suara pemainnya jelas didengar. Jadi gak perlu pake earphone tuk dengar suaranya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi speaker laptopku mati, tetep gak bisa dengerin dengan seksama huwaaaa #2019BeliinLaptop :(

      Hapus
    2. @Ridsal banyak yang gak jelas ya kan.. :v

      Hapus
    3. @Andrie Kristianto #EnakAjaLo :v

      Hapus
  2. Hebat aktingnya, natural, semua berbakat nih..

    BalasHapus
  3. Keren sekali padahal cuma 2 hari buat ngedit videonya,...btw yg kaos merah berdiri gayanya udh kaya guru yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang cewe? Emang dia ceritanya jadi guru dance :D.

      Hapus
  4. wahh bisa jadi 44 menit,,
    kenceng bangte prosesnya..
    saluuttt udah bagus tinggal poles aja ini

    BalasHapus
  5. Keren banget kayaknya sangat berbakat bikin film. Saya jadi pengin bisa bikin kayak gitu. Bikin tutorialnya dong sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wehe, terima kasih! :D

      Tutorial? Hmm.. soon dah :D

      Hapus
  6. Oh jadi ngilang ngeblog sesaat, ternyata lagi sibuk nyiapin tugas sekolah dan jadi editor ...
    Keren, Mike.

    Udah kutonton videonya, asik ya ada latihan ngedancenya gitu :)
    Menurutku, editing kamu sudah bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas :D.

      Hehe, terima kasih mas, masih merasa ada banyak kekurangan di sana-sini di editan saya :)

      Hapus
  7. Memang ya kalau bekerja dalam kelompok saya akui juga susah mengumpulkan full team. Tapi salut untuk effort nya. Keren banget David! Semangat terus ya

    BalasHapus
  8. Wiii, ad sutradara masa depan ne. 😁

    BalasHapus
  9. anak sekolah skr tugasnya bikin FTV yaa... omg, ga mungkin ada itu zamanku :O hahaha.. keren sih kalian.. td aku baru nonton setengah, tapi oke kok... aku bukan tipe yg mengerti juga, tp setidaknya ceritanya so far bisa aku ikutin, dan suaranya jelas.. yg ptg kan itu dulu ;)

    BalasHapus
  10. Waaah keren banget lho bisa edit begitu dalam waktu 2 hari. Nggak kebayang itu paniknya kayak apa kalo aku mah whahaahaha

    Tapi menurutku untuk audio yang beberapa kurang jelas kedengeran, mungkin nanti bisa ditambahin subtitle ?
    But its a well done david.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya ngeditnya lebih dari 2 hari. Tapi, 2 hari itu yang efektifnya. Hahahaha.

      Iya, sebenernya mau ditambahin subtitle di videonya, cuman karena waktu pengumpulan udah mefet, akhirnya gak jadi :).

      Hapus
  11. Wah... Anak sekolahan zaman sekarang tugasnya bikin film.
    Dan itu ngedit cuma 2 hari? Serius? Padahal hasilnya 44 menit dan keren.
    Ala-ala FTV banget.

    So far, aku juga suka nih, inget zaman SMA. Tapi, bukan inget bikin film (nggak pernah bikin film zaman SMA kok). Inget aja zaman sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 hari itu yang efektif kak. Jadi, ada beberapa part yang udah dicicil ngeditnya. Wehehehe.

      Terima kasih kak! :D

      Hapus
  12. Nggak bisa mbayangin hecticnya seperti apa. Aku dulu yang dapet tugas buat video iklan durasi 30 detik aja, nggak nemu-nemu ide. Pas udah nemu, lah, bingung ngeditnya. Belum lagi rendering videonya. Waaaah. Ini 45 menit? Nanti coba nyari WI-FI dulu lah, buat nonton. He,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngerendernya sih gak seberapa masalah, soalnya ane ngerendernya ke 720p, gak berani ke 1080p. Bisa-bisa ane gak tidur WKWKWKWKWK.

      Hapus
  13. Wahaha saya jadi bernostalgia di jaman SMA. Dulu memang harus buat proyek film kecil2an gitu, tp lebih ke iklanin produk apa aja. Jadilah hasil kreatifitas abal2 dan skill editan ala kadar haha

    Kalau ini sih 45 menit kayaknya lebih susah dari tugas saya SMA dulu. Sukses deh proyeknya. Skip dulu ya nonton filmnya, belum ada kuota hiks

    BalasHapus
  14. Dari dlu pingin ikutan mentemen bkin film pendek, tpi gak berani ngeliat mukaku sndiri di dlm videonya hihi. Dan kalian PD, keren lah pokoknya . smangat, siapa tau bsa jdi sutradara sama penulis skenario heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya ya suka jijik sendiri pas liat muka sendiri, kak. Apalagi waktu ditampar 2 cewek sekaligus. Malunya warbyasah, penontonnnn...

      Hapus
  15. Nak, kamu sekarang pindah profesi dari blogger jadi artis? Jadiin gw manager dong

    BalasHapus
  16. Kerennnnnnn.....walaupun ini film buat tugas, tapi kereeennnnnn

    BalasHapus
  17. wow... ini bagus lho, modal hp tapi udah keren, ini semua berkat video editornya XD. walaupun saya ga nonton full videonya, tapi yakin ini bagus kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, kok berkat saya. Semua berkat kerjasama tim. Hehehehehe :D.

      Terima kasih mas! :D

      Hapus
  18. Itulah seninya bikin video, kalau saya perhatikan kualitas videonya mantap dan apik banget. Tapi kalau untuk ukuran film di youtube sebenarnya 45 minit itu tergolong panjang. Kerja sama dengan komunitas atau kelompok itu sangat menyenangkan.

    BalasHapus
  19. videonya bagus gan, actingnya juga bagus, cuma kayaknya suaranya beberapa ada yang kurang jelas ya? atau emg Headset saya yang udah gk smooth ini,

    BalasHapus
  20. Bagus gan,, Bisa buat ftv lain gak reques bikin AZAB aja bagus :V

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Tugas sekolah anak SMA sekarang buat film FTV. Wah keren . Kreatif juga menyenangkan.

    BalasHapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.