News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Tips Sukses Sekolah Online!


Halo adek-adek om tersayaaanggg! *jangan sungkan kalo mau muntah :v.

via GIPHY

Okeeeh, ketemu lagi bareng gue di Michael David Blog. Alright, masa pandemi ini nyatanya belom selesai sampai postingan ini up. Ini membuat semuanya masih banyak yang remote dari rumah, baik yang kerja bahkan yang masih kuliah dan sekolah sekalipun.

Setahun ga ke mana-mana alias tiap hari cuman natap layar HP ato leptop nyatanya emang bikin bosen. Buat yang sekolah, tugas yang bukannya makin dikit--malah menggunung makin bikin males idup. Iya, gue tau rasanya kok :v. Kan aing ya pernah sekolah, TOLONG Y JGN MERENDAHKAN SAIA Y :v.

via GIPHY

Anyway, berbekal pengalaman gue di sekolah (yang sebenernya baru ngerasa'in sekolah online di semester 2 kelas 12) dan pengalaman kuliah online sampe sekarang, gue mau ngasi beberapa tips nih buat adek-adek supaya bisa enjoy dan sukses ngejalanin sekolah online-nya.

Tenang, ini bukan postingan segmen #MikeKurangSehat, jadi tips-tips di sini harusnya normal. Sekali lagi, harusnya :v.

via GIPHY

Pertama, nyala'in kameranya, terus coba ikuti aja gurunya mau jelasin apa. Tahan-tahan aja rasa ngantuknya. Kenapa? Biar kalian ga ditanya-tanya'in ama guru-guru rese :v. Karena gini, biasanya guru akan nanya sama yang ga merhati'in dan yang nutup kameranya. Kan bahaya tuh kalo sampe kalian ga nyala'in kamera dan malah lagi nonton anime pas gurunya jelasin, bisa-bisa kalian sasaran empuk pertanyaan guru kalian. Bahaya sodaraaaa :v.

Kedua, jangan sekali-sekali mangkir dari online meeting. Jangan karena kalian ga bisa jawab pertanyaan dari guru kalian teros kalian leave dan ngasi alasan internet kalian trouble. Kalo keseringan kalian juga akan dicurigai loh. Intinya, ikuti aja semua online meeting yang udah diselenggara'in sama sekolah. Jangan suka bolos juga. Nama kalian bisa jelek di mata guru-guru kalo kalian sering bolos. Inget, nilai kalian di tangan guru-guru kalian, nak :v.

via GIPHY

Ketiga, jangan tunda-tunda buat ngerja'in tugas yang dikasi sama guru kalian. Inget, bukannya makin dikit malah makin banyak guru-guru ngasih tugas di jaman all online ini. Jangan sampe karena kalian nunda-nunda tugas yang udah dikasi, tugas kalian malah numpuk nan menggunung. Ntar kalian jadi stres sendiri. Intinya, jangan tunda-tunda, langsung kerja'in selama kalian free. Tapi, calo tugas jujur aja lebih menarik sih H3H3 :v.

via GIPHY

Keempat, kalo ada tugas kelompok, sama, jangan tunda-tunda. Tapi, juga jaga hubungan kalian ama temen kalian. Inget, ini onlen. Temen kalian akan dengan mudah ngehindar dari tugas karena temen kalian ga nyaman nugas bareng kalian. Komunikasikan segala sesuatu dengan baik-baik.

Kelima, kalo ada materi yang ga jelas, bertanyalah. Ibarat pepatah, "besar pasak daripada tiang" "malu bertanya sesat di jalan", jangan sungkan buat tanya sama guru kalian tentang materi yang ga jelas saat sesi tanya jawab. Kalo ga, ntar kalian sendiri yang rugi. Ntar stres sendiri pas ngerja'in tugas materi itu.

Keenam, tapi pepatah yang barusan gue omongin itu ada lanjutannya, yaitu "banyak bertanya malu-malu'in" :v. Kalo udah tanya langsung ama guru kalian dan tetep ga jelas, manfaatin semua media yang ada di sekitar kalian. Bisa buku, bisa mbah Google, YouTube, dan lain sebagainya buat jadi penunjang kalian sekolah onlen. Iya, gue tau kadang-kadang apa yang dijelasin guru itu kadang ga masuk ke otak. Tatap muka aja sering kejadian, apalagi pas onlen :v. Makanya, pake media apapun di sekitar kalian.

Dan yang terakhir dan paling penting, inget, tujuan kalian sekolah. Apa? IJAZAH! :v. Bayar sekolah itu mahal sodaraaaa :v. Masa iya gegara kalian ga bener sekolah onlen terus kalian ga naek kelas ato bahkan ga lulus? Inget, eman duiiidddd :v.

via GIPHY

Itu dia beberapa tips yang bisa gue kasih. Tenang, pandemi ini gak akan selamanya ada. Akan ada akhirnya kok. Suatu saat yang onlen-onlen ini akan balik offline lagi. Amiiinnnn! :D

Semangat sekolah onlennyaaaa! Doa om menyertai ade-ade sekalian :) *udah, muntah aja jangan ditahan-tahan lagi.

via GIPHY

Komen dong h3h3h3h3

3 Komentar

  1. Aku bersyukur anakku blm rutin online sekolahnya :D. Gurunya lebih banyak ksh tugas dari wa :D. Jadi berkurang dikit bebanku untuk nemenin online. Yg online cm sebulan sekali aja :D.

    Tapi mau gimana yaa, selama mereka blm divaksin, ya aku ga berani sekolah balik lagi. Tahan2in dululaah sampe normal lagi :D

    BalasHapus
  2. Sebenernya kasihan sama anak-anak generasi online sekarang. Banyak hal yang hilang dari sekolah online , banyak hal yang tidak bisa dipelajari secara online seperti kemampuan sosial, komunikasi, dll. Semoga pandemi segera berakhir.

    BalasHapus
  3. Wahh sekolah jaman sekarang, khususnya saat masa pandemi gini bisa di minimize, dan bisa membuka banyak tab lain di browser yang dimiliki. Kamera mah masih tetep aktif. Yah tapi sangat disayangkan sekali, karena minat belajar jadi menurun, yang ada hanya banyak tugas tapi tatau materi apa yang didapat. Yang dipentingkan tugas selesai dan lulus.

    BalasHapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.