News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

#AskNetijen: Pilih Barang Second atau Baru?


Hellow semuaaahh~
 Welkem bek to Michael David Blog! Selamat datang kembali dalam segmen #AskNetijen! Kali ini gue mau bahas tentang dilema barang second dan barang baru.

via GIPHY

Dalam memilih barang, apapun itu ya, baik elektronik ataupun kendaraan mungkin ya, kita dihadapin ama 2 pilihan, yaitu barang second atau barang baru. Nah, di #AskNetijen kali ini, gue mau ngumpulin pendapat dari pembaca-pembaca MDB yang kucintaih nan kusandjoeng (:v), lebih prefer barang second atau barang baru siiii?

Nah, sebagai bahan pertimbangan, ini gue coba tulisin yang jadi pertimbangan orang bakal milih barang second atau barang baru. Gue singkat jadi 2 yang utama, yaitu harga dan kualitas barang.

Harga?

via GIPHY

Menurut pengamatan gue terhadap orang-orang di sekitar gue yang lebih milih barang second adalah karena emang harganya yang lebih murah, bahkan bisa jauh lebih murah. Misal sebuah barang, anggep aja laptop, harga barunya dijual di sekitar 10 juta gitu ya, bisa turun mungkin bisa selisih 3-4 jutaan, bahkan bisa lebih dari separuhnya. Ini coba gue compare-in harga laptop baru dengan laptop second dengan model yang sama ya. Data ini gue ambil dari Google Shopping.

Yang atas: bekas, yang bawah: baru.

Ini tentu bikin perbedaan yang bener-bener jauh. Kapan lagi kan ya punya barang high class dengan harga normal setinggi langit yang hanya dijual dengan harga yang miringnya ga karuan?

Kualitas?

via GIPHY

Kualitas barang second mutlak tidak lebih baik dengan barang baru. Udah, itu mutlak. Ini yang buat gue lebih prefer untuk beli barang baru. Tapi, kalo emang lagi beruntung ya kita bisa dapet barang yang enak dan masih layak dipake dengan harga yang lebih murah. Inget, kalo beruntung. Kita ga tau sebenernya si penjual itu jujur apa ndak ya kan? Enak kalo yang jualan saudara atau temen kita sendiri, kalo orang lain?

Belum lagi masalah usia. Kebanyakan barang second akan punya usia yang jauh lebih pendek dari barang baru. Inget ya, kebanyakan, alias ga semua memang, tapi ya tetep aja kemungkinan besarnya seperti itu.

Nah, itu dia. Gimana menurut kalian, mending barang second atau barang baru? Yok dipersilahkan komen di bawah, kita bertukar pikiran. Asal jangan komen mEnDiNg RaKiT pC aja ya, gue sentil onlen ntar :v.

Komen dong h3h3h3h3

8 Komentar

  1. gue lebih memilih barang bekas untuk alat elektronik. Tapi gak semua ya. contohnya kamera atau laptop, mending beli yang bekas. kenapa beli berang bekas? ya karena harganya yang sedikit miring dibanding harus beli baru. tapi dengan catatan barang masih oke dan spek lumayan juga. bisa jadi kalo mau beli kamera atau laptop dengan spek bagus, mending bekas aja. soalnya harga barunya biasanya jauh lebih tinggi. selain itu, penyusutan harganya juga nantinya akan cepat turun kalo elektronik.

    BalasHapus
  2. gw seringnya beli baru sih vid...bukan apa apa...uda beberapa kali beli second ealah nyampe rumah yagitu deh mati ga nyala (in case elektronik) dan musti beli beberapa part pentingnya lagi yang kadang harganya malah mendekati harga yang baru...yauda sekalian aja beli yang baru hahahha

    BalasHapus
  3. Kalo aku sih mikirnya mending beli baru kalo elektronik

    Kalo baju atau tas sih gapapa second deehhh

    BalasHapus
  4. Untuk elktronik dan pakaian, aku milih barang baru lah yaaa.

    BalasHapus
  5. Kalo untuk barang elektronik, aku pilih yang baru sih, soalnya untuk mesin dalamnya kadang sulit menilai kondisinya.

    BalasHapus
  6. Gw pernah beli jaket second. Masih good quality loh, mana murah lagi. Gak masalah mah beli second. Asal masih bagus dan harganya miring aja.

    BalasHapus
  7. saya agak susah untuk beli barang second. karena pernah dikecewain, saya sebisanya selalu beli baru

    BalasHapus
  8. saya selalu baru, no debat. kalau uang belum cukup ya saya nabung, harus baru. Ntah kenapa masih suka takut dengan barang-barang second.

    BalasHapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.