News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Review Indonesian Choice Awards 5.0 NET.


Minggu, 29 April lalu, NET. kembali ngadain ajang penghargaan bergengsi miliknya, yaitu Indonesian Choice Awards atau yang sering disingkat sebagai ICA. Kali ini beda kayak tahun-tahun lalu, karena selain adanya nominasi penghargaan baru yaitu Instrumental Album of The Year, tahun ini ICA tidak digabung dengan ulang tahun NET.


Nah, kali ini, NET. mengundang 3 artis internasional sekaligus, di antaranya Hailee Steinfeld, Craig David & Light Balance. Tak kalah keren, NET. juga ngundang banyak artis nasional, seperti Raisa, Chandra Liow, Rizky Febian, dan masih banyak lagi. Dengan tata panggung yang super megah, NET. berhasil memanjakan para penontonnya.

Dan... satu lagi yang buat penyelenggaraan ICA kali ini beda yaitu ada artis dangdutnya men! Awalnya, NET. bilang kalo ada 1 artis yang dirahasiain. Nah, pas mau deket-deket event, NET. ngumumin kalo 1 artis itu adalah salah satu artis dangdut Indonesia, yaitu Via Vallen. Wah men, asli, awalnya gue kaget, NET. kok dangdutan. Gue udah mulai under estimate, ICA kali ini bakal kayak tahun-tahun lalu apa gak. Dan, semua dugaan gue salah. Nanti, baca dulu aja postingan ini sampe akhir ya, karena gue bakal nge-review acara ini yang tayang secara live minggu lalu.

So, here they are!

1. Host





Liat tuh Kang Sule ngapain :v.

Oke, kali ini host-nya gak ganti, yaitu tetep Vincent, Desta & Teh Sarseh. Meskipun sama, tapi pembawaannya yang bikin gak bosen. Dimulai dari opening dance dari Sule, Andre, Vincent & Desta (begitu juga yang berperan menggantikan mereka saat tariannya mulai ribet... :v), Vincent Desta yang berebut jadi host dengan Sule Andre, sampe Teh Sarseh yang buat suasana makin lucu, terutama saat Vincent Desta & Sule Andre tengkar sendiri di panggung. Overall, luar biasa!

Nilai: 9.7/10

2. Tata Acara
Nah, banyak improvement dari NET. 4.0 ke ICA 5.0 ini. Acara tersusun rapi, dari opening oleh Wishnutama dan yayang(?) Hailee, sampe closing oleh Hailee kembali. Cuman, gue merasa closing-nya kurang pecah. Entah kenapa, mungkin karena pemilihan lagu, atau kenapa. Mungkin bisa menjadi catatan buat tim untuk ICA selanjutnya.

Cuman... ada 1 kali Teh Sarseh yang telat masuk sehingga ada salah seorang crew yang nganter Teh Sarseh bocor di kamera. Mungkin, next time, crew bisa lebih siap kalau masalah ini.

Terus, sempet juga Bu Susi Pudjiastuti yang belum selesai speech tapi sudah di-cut. Gue menyadari ini adalah kejadian gak keduga dan sebenernya bukan kesalahan dari NET., tapi kesalahan dari Bu Susi. Bu Susi sudah selesai speech, tapi masih dilanjut. Ya... untuk event-event ICA selanjutnya, mungkin para nominee bisa di-briefing dulu supaya kejadian yang sama gak terjadi.


Maaf ya Bu Susi, ini semua buat kebaikan bersama... jangan tenggelemin saya ya Bu :v.

Nilai: 9.5/10

3. Bintang Tamu




Nah nah, ini yang mau gue sorotin. Artis yang diundang, terutama artis internasionalnya keren! Sesuai dengan harapan gue, Hailee Steinfeld, Craig David, dan Light Balance. Dan... satu lagi yang bikin gue salut sama NET. adalah mereka keluar dari 'zona nyaman' mereka yaitu dengan mengundang satu artis dangdut dan 'mengacak-acaknya' sampai jadi suatu kemasan yang super duper keren. Dangdut kelas atas, mahal! Gak kayak TV-TV sebelah dengan dangdut yang murahan.




Liat tuh Vincent Desta :v.

Collab sama Boy William men!

Aransemen, penampilan, bener-bener out of the box! Dan, kalau biasanya dangdut itu identik dengan pakaian yang aduhai-aduhai, kali ini Via Vallen tampil dengan wardrobe yang kece. Setelan jas pas banget buat dia. Belum lagi kolaborasinya dengan Boy William. Bener-bener pecah pas bagian itu.

Nilai: 9.8/10

4. Grafik




Nah, sepenglihatan gue nih, grafik di ICA 5.0 gak ada kesalahan seperti di tahun-tahun sebelumnya. Animasi-animasi yang disuguhkan KECE. Pas sama apa yang dinyanyikan. Dah, untuk grafik gue gak komen, HATJEP!

Nilai: 9.9/10

5. Sound
Nah, kalo tadi gue udah terkesima sama grafik yang disuguhkan, sekarang gue agak kecewa sama sound yang dikeluarkan. Gue menemui banyak kesalahan pada sound di tayangan live minggu lalu. Bentar, gue ambil catatan gue dulu yak :v.

Ini menurut catatan gue ya, kalo ada salah, mohon dikoreksi :D.

Pertama, waktu mau iklan pertama. Suara 'coming up next'nya ke-replay, sehingga jadi jelek. Kedua, sependengaran gue, suaranya sering mendengung, terutama waktu pembukaan host. Ketiga, sound telat masuk waktu setelah iklan ke vt Pak Wishnutama. Keempat, mic Rizky Febian yang kecil suaranya pas awal-awal nyanyi Sweet Talk. Kelima, waktu Pak Triawan Munaf main piano, sempat bocor suara yang asal darimana gak tau, dan yang terakhir suara 'mp3' pengiring Craig David yang sepertinya ada gangguan teknis sehingga 'mbrebet', sampe-sampe sepenglihatan gue si bang Craig ketangkep kamera kebingungan saat itu.


Mudah-mudahan ada crew dari NET. yang baca yak (ngarep bener lu Mike :v), sehingga bisa jadi bahan evaluasi untuk selanjutnya.

Nilai: 8.2/10

6. Lighting
Satu perubahan besar yang dilakukan oleh tim lighting dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya adalah waktu opening oleh suara Pak Wishnutama. Bener-bener pas, gak telat sepersekian detik pun, gak kayak di NET. 4.0. Oh ya, kalo kalian mau baca review gue tentang NET. 4.0 kalian bisa klik di sini.

Back to the topic.

NET. 2.0 yang menurut gue pemegang lighting termegah sekarang tergeser oleh ICA 5.0. Lightingnya bro... SEDAP! Udah, kalian liat aja gambar di bawah ini.


Gimana? Keren kan?

Lighting yang diberikan pas dengan momen, entah itu pembacaan nominasi maupun penampilan artis. Perfecto!

Nilai: 9.8/10

7. Pengambilan Gambar
Menurut gue, pengambilan gambar untuk ICA kali ini ga beda jauh sama NET. 4.0. Cuman, yang gue sayangkan adalah gak ada gambar miring-miring jimmy jib khas ultah NET. Entah kapan NET. mulai ngilangin gaya pengambilan gambar seperti ini. Entah kenapa pula NET. ngilangin gaya pengambilan gambar seperti itu.


Ada 1 kamera (yang sepertinya) jimmy jib yang tinggi banget ngambil gambarnya itu selalu goyang waktu di-take. Mungkin ini juga bisa jadi bahan evaluasi crew NET. untuk event-event selanjutnya.

Terus, masih ada 'gambar liar'. Ngerti kan maksudnya? Jadi, ada 'gerakan tiba-tiba' dari operator kamera yang disebabkan karena tidak siap. Ya, gue maklumin sih, karena ini event besar, tayangan live, jadi pasti tekanan para crew juga pasti besar. Tapi... akan lebih baik kalo terus diminimalisir. Gue cukup mengapresiasi karena gue merasa gambar liar tahun ini lebih dikit dibanding tahun lalu. Keep it up!

Nilai: 9.5/10

8. Tata Panggung
NET. selalu menyuguhkan tata panggung megah di setiap penyelenggaraan ICA. Gue gak pernah kecewa dengan tata panggung yang disuguhkan NET. Dari NET. ONE, NET. 2.0, NET. 3.0, NET. 4.0 sampai yang sekarang ICA 5.0, tata panggungnya super semua. Dari LED, lighting, dan lain sebagainya, KECE!

Nih gambarnya.


Nilai: 9.8/10

9. Tambahan
Pada pembacaan Creative & Inovative Person, vt nominee gak ada. Entah emang gak ada atau gak ke-play. Masuknya pembaca pemenang nominee juga kurang halus. Ada juga kesalahan ketik pada lower third Gerald Situmorang yaitu Dimensions yang hanya ditulis Dimension.

'Dimensions' not 'Dimension'.

Nah, itu semua yang perlu dievaluasi. Sekarang yang patut diaprapresiasi dan dipertahankan.

Meskipun sponsor dari acara ini lumayan banyak, tapi iklannya pendek. Ini yang mau gue apresiasi. NET. tetep ngedepankan kesenangan penontonnya. Selain itu, properti-properti yang digunakan juga niat semua. Kalian bisa lihat kayak gambar di bawah ini.





10. Keseluruhan
Keseluruhan dari acara ini KEREN. Banyak kemajuan dari tahun lalu. Cuman, tak ada gading yang tak retak. Masih banyak yang harus dibenahi agar di tahun-tahun selanjutnya penyelenggaraan event ini bisa lebih baik dan lebih kece. Salut buat NET.!

Nilai keseluruhan: 9.5/10

- - -

Sampe di sini dulu review kali ini. Perlu dicatat, gue lagi gak dibayar sama NET. yak. Hehe.

Nonton ICA 5.0? Atau malah datang live di sana? Share dong pengalamannya! Tulis di komen yak :D.

Sampe ketemu minggu depan hari Sabtu! BABAI~

Komen dong h3h3h3h3

4 Komentar

  1. WAH SPOILER, NIH HAHA GTW KENAPA Paling seneng kayak ada acara ginian Net rasanya kayak event luar negeri. O ya ko gamau coba jadi crew Ultah Net ta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, acara nasional kualitas internasional.

      Ya, pengennya sih.. :v

      Hapus
  2. Aku nonton live <(")
    Ya tentu, live gaada kesalahan di sound. Berarti bagian broadcast-nya aja yak haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WUIS KEREEEN! Gimana tuh cara dapet tiketnya? :v

      Ya, mungkin ya. Atau mungkin agan yang kurang denger. Banyak faktor sih. Yang pasti itu semua yang gue denger dari TV ane :D.

      Hapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.