News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Hargai Karya dan Kreatifitas Orang Lain


Jadi gini, gue merasa prihatin sama orang lain yang karyanya dibajak, disepelekan, dilupakan, tidak diperhitungkan, dan lain sebagainya. Ya, ga cuma karya blogger-blogger saja yang ga dihargai, tetapi yang lain juga mungkin tidak dihargai. Ya, kayak seniman, musisi, dan lain sebagainya. Banyak karya-karya mereka yang dibajak dan disalahgunakan.

Jujur ya, gue sebagai blogger yang selalu mengedepankan kejujuran, gue ga mau sampai karya gue di blog ini dibajak orang (atau juga sering dibilang "copas" yaitu copy paste") apalagi kalau disalahgunakan. Baik dilakukan oleh siapapun, baik dilakukan oleh orang yang lebih muda dari gue, atau orang seperantara gue, maupun orang yang lebih tua dari gue. Gue bisa-bisa perkarakan dengan DMCA yang sudah ngelindungin blog ini.

For your information, DMCA adalah semacam perlindungan "hak cipta" di blog ini. Langsung aja buka www.dmca.com.

Gue akan bahas 3 aja hari ini, yaitu:

Pembajakan
Setau gue, di Indonesia itu "seakan" sudah tidak diperdulikan yang namanya pembajakan. Semua sudah bisa dibajak. Dari DVD, VCD, CD, software, sampai sambal. Kalian tau maksud gue? Klik aja di sini.

Jangan sekali-sekali mbajak. Seandainya karya kamu dibajak, gimana rasanya? Gimana rasanya kalau karya hasil kreatifitasmu dibajak? Jadi, jangan bajak lagi.

Penyepelean
Orang pro lebih dipandang di dunia ini daripada orang newbie. Ingat, orang "pendatang" juga berhak untuk diperhatikan. Gue masih inget waktu gue memutuskan buat nge-blog. Ya, meskipun bukan "full-time blogger". Jujur, awal-awal ga ada yang memperhatikan blog gue. Jadi, kalau loe tanya ke gue seberapa sepi blog gue awal-awal... gue akan jawab sueeeeeepiii. Ya, gue juga menyadari juga sesuatu itu harus dengan perjuangan. Btw, tanpa kalian blog ini bukan apa-apa!

Dilupakan
Banyak sekali karya yang dilupakan jaman sekarang. Contoh sederhananya aja lagu anak-anak. Banyak anak-anak kecil yang udah nyanyi lagu-lagu yang bukan seharusnya mereka nyanyikan. Seperti lagu tentang percintaan. Apakah itu pantas dinyanyikan sama anak kecil umur 5 tahun? Gue juga begitu merasa ngenes karena anak masih bayi dinyanyikan lagu yang ga pantas sama ibunya. Jadi, solusinya adalah kita berusaha untuk kembalikan lagi kejayaan lagu anak-anak. Kasian Bu Sud, sudah susah-susah ciptain lagu buat anak Indonesia.

Inti posting hari ini adalah, hargai hasil karya orang lain. Karena, apakah kamu mau karyamu ga dihargai?

Komen dong h3h3h3h3

20 Komentar

  1. yang lagu anak-anak sih paling miris. penyanyi anak-anak pun lagunya cinta-cintaan semua. heran. kayak coboy junior itu. -_-
    kudu ada gebrakan baru nih

    BalasHapus
  2. langkah mudah buat kita bisa mengurangi pembajakan adalah dengan gak "make" barang bajakan

    BalasHapus
  3. menghargai juga bisa dalam bentuk kritik bro, sekarang banyak orang yang nggak mau ngasih kritik, cuma bisa nyinyirin di belakang dan menghina. Kalo masalah pembajakan di indonesia, gue bisa maklumi sih bro, Orang Indonesia sebagian besar masih belum mampu untuk membeli barang original. Di daerah gue nonton di bioskop bisa dari 60k sampe 80k per tiket, sedangkan kalo beli vcd bajakan 100k bisa dapet 15 biji. Kadang orang beli bajakan bukan karena nggak menghargai originalnya, tapi karena originalnya terlalu mahal untuk dihargai.

    Nice post bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, emang bener. Sebuah karya kayak DVD, dsb memang terlalu mahal kalo dibandingkan dengan pendapatan orang Indonesia. Tapi kan ada satu solusi, menabung.

      Hapus
  4. Topiknya bagus nih. Iya bener banget semuanya. Akupun blogger newbie, dan ngerasain banget sepinya pengunjung apalagi orang yang ninggalin komentar. Kita pun butuh feedback, walau awal niat ngeblog kita itu tulus ingin berbagi. Btw, aku setuju banget sama komentar atasnya aku.

    BalasHapus
  5. pembajakan ini memang selalu sad story sih. aku hobi gambar dan aku liat ada gambar aku di pake orang ga dikenal tanpa sumber. sedih rasanya...

    BalasHapus
  6. kok gue baper baca "dilupakan" ya? -__- #salahfokus

    BalasHapus
  7. prinsipnya sih, kalo pingin dihargai ya kudu ngehargai. semacm timbal balik. sio demike

    BalasHapus
  8. IYA.. Gue mau dong dihargai. hahaha.
    tentang pembajakan, bukan karya saja, sekarang lagi maraknya juga pembajakan di medsos,
    udah deh, kalo hape ke pengang temen. pas hape ditangan lagi, duh status jadi ancur banget. duh benar2 bobrok masakini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, anak jaman sekarang itu ada-ada aja deh.

      Hapus
  9. Hai salam kenal..
    Pertama, gue setuju banget sama statement 'orang "pendatang" juga berhak untuk diperhatikan'. Sebenernya bukan manja karena pengen banget diperhatiin sih, tapi kadang yang senior-senior itu suka lupa untuk ngemong orang baru.
    Kedua, gue baru tau mengenai DMCA atau yang lo bilang semacam perlindungan "hak cipta" untuk website ataupun blog. Nice info nih.
    Nice post, anyway! ;)

    BalasHapus
  10. pembajakan yang sering dilakukan di Indonesia -___-

    BalasHapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.