News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Pengalaman Pertama Jadi (Ketua) Panitia Lomba


Oke, seperti yang gue pernah janji'in di postingan yang lalu, hari ini gue mau nyerita'in pengalaman gue jadi ketua panitia.

Tidak kayak yang tahun sebelumnya, gue kali ini jadi panitia tanpa panggilan :v. Iya, karena dari jauh-jauh hari gue udah nyata'in buat siap sedia kalau seandainya masih 'dipake' di tahun ini. Dan, beneran, dipake. Haha. Baiqlah.

Fyi, gue gak langsung ditunjuk jadi ketua panitia. Ya, ntar gue cerita'in ya. Lanjut dulu.

Di tahun ini kerjaan gue nambah lumayan banyak, dan juga berkurang lumayan banyak :v. Bertambah banyak karena gue dipercayai untuk bikin banner sampe bosen idup (:v), berkurang banyak karena yang awalnya penghitungan nilai itu dikasihin ke gue tapi pada akhirnya bukan gue yang ngerjain. H3h3.

Oke, gue cerita'in dari awal ya.

Oh ya, bagi yang belum tau ini lomba apa, silahkan baca dulu postingan gue yang satu ini, karena tajuk lombanya sama. Males ngejelasin lagi soalnya. H3h3h3h3.

Ketika jauh-jauh hari, gue dimintain tolong sama salah satu guru yang kebetulan anggota dari panitia guru di lomba ini untuk buatin desain poster. Meskipun di tengah-tengah tugas yang sekebon (:v), gue gak keberatan sih. Ya, itung-itung refreshing lah.

Dan... seperti yang udah gue perkirakan di awal, pasti ada revisi, dan emang bener ada revisi. Lu belum nge-desain kalau belum ada revisi :v. Revisian kali ini kurang jelas. Intinya, ada salah satu komponen yang ragu-ragu untuk direvisi apa nggak. Dengan kata lain, gue digantungin. Kali ini gue ngerasa'in gimana gak enaknya digantungin :v. Tapi, singkat cerita, akhirnya ada kejelasan mengenai salah satu komponen itu.

Selain itu, gue juga disuruh bikin cover untuk proposal acara juga. Isinya sih kurang lebih sama kayak yang di poster, cuma bedanya ada di ukuran. Kalau poster A3, ini cuman A4. Eh, atau F4 yak. Dah lupa w :v.

Selanjutnya, gue dipercaya juga buat bikin banner. Ada 5 jenis banner, ada banner yang bakal ditaruh di panggung utama, aula, ruangan penyisihan, jalanan, dan depan sekolah. Bannernya gede-gede masbro, terutama banner di panggung utama. Fyi buat yang belum tau, kalau kalian mau bikin banner gede di Photoshop, lu kudu nyedia'in RAM yang cukup gede biar gak nge-lag-nge-lag. Nah... di laptop w meskipun RAM-nya udah 8 GB, tetep aja nge-lag sodara-sodara. Belum lagi kalo revisi, lu harus buka lagi filenya, terus ber-nge-lag-ria lagi, terus nunggu'in save yang lamanya minta ampun. Dan... revisi itu terjadi berkali-kali, bahkan sampai H-2 acara. Ngeri gak? Jangan kasihan sama gue, berkasihanlah dengan laptop gue yang terus nggereng pas ngerja'in banner :v.

Tapi, ndak papa. Udah jadi hobi. Ndak masalah.

Kerjaan terus berlanjut sampai hari-hari mendekati acara. Serius, gue udah berasa jadi jajaran panitia guru :v. Lah ya gimana, hampir semua kerjaan desain gue yang ngerja'in. Keplek panitia, keplek peserta, cover soal, promosi sosmed, sampe sertifikat pemenang segala macem. Itu revisinya berkali-kali. Belum lagi ada salah satu juri yang namanya dari awal udah typo pas dikasihin ke gue, gak mau nerima sertifikat juri karena namanya typo. PLIS LAH YA, ITU DARI LU JUGA DATA NAMA LU. DUH NGEGAS KAN :V.

Sampai pada kurang lebih 2 minggu sebelum acara...

Gue langsung ditunjuk jadi ketua panitia siswa secara   a k l a m a s i . PLIS LA YA. Jujur nih, gue sebenernya gak kesenengen juga kalau disuruh jadi ketua. Ribet bin ruwet sodara-sodara. Belom lagi itu anak-anak yang ga cocok sama gue itu ada di bawah gue secara struktural. Ya sudah lah ya sodara, dinikmatin aja dah sodara :v. Pasti ada yang bisa dipetik.

Hari-H pun datang...

Yang awalnya gue siap-siap untuk ngolah ribuan nilai kek tahun lalu, akhirnya gue jadi agak santai. Pengolahan nilai itu akhirnya diolah sendiri oleh para panitia guru. Ya, mungkin para panitia lain entah merasa sungkan atau merasa kasihan ya sama gue :v.

Tapi... bukan berarti gue bener-bener santai pas hari-H. Yang namanya keplek panitia itu kurang. Moncat-mancit lah gue dari basecamp ke ruang TU buat nge-print itu keplek panitia yang belum dibuat. Gini loh ya, pelajaran juga buat semua, tolong kalau sebelum bikin acara tolong disiapin mateng-mateng yak, termasuk semua data yang diperlu'in, biar gak repot pas hari-H. Hehe.

Singkat cerita... sampai pada pengumuman peserta MIPA rally games yang masuk babak final.

Gue kan udah bikin PPT-nya, nah waktu mau ditampilin, dengan bodohnya gue ngelepas harddisk gue. LANGSUNG ERROR DONG PPTNYA. Gue hampir nangis itu di sana. Bayangin aja, PPT yang lu buat, dengan bagus, dengan ciamik, tiba-tiba error tepat sebelum itu ditampilin. Sakit kan? :v. Ya, itu yang gue rasain.

Salah satu guru panitia yang tugasnya ngumumin ini tahu kejadian ini. Untungnya. Beliau perpanjang waktunya dengan speech basa-basi dulu, dengan kata lain beliau mempersilahkan gue untuk dengan cepat memperbaiki PPT gue. Gue langsung cepet ngeditin itu PPT gue, dan akhirnya bisa tayang. Itu bener-bener terapi jantung buat gue :v.

Di semifinal rally games ini gue dipercaya untuk jaga pos laboratorium komputer. Ya, dengan kata lain, gue jadi TS (technical support) juga buat peserta lomba saat ngejalanin komputer yang isinya soal-soal fisika. Sebenernya... gue tau ada maksud tersendiri kenapa gue ditaruh di pos ini. Bukan, bukan karena gue yang paling pinter atau jago di pos ini, tapi karena gue paling lemah di semua pelajaran yang dilombakan, baik Biologi, Kimia, apalagi Fisika. Kan kalau di komputer tinggal kerja, kalau ada pertanyaan ya gue tinggal bilang, "kerjakan apa adanya..." dengan senyuman jahat. HUEHEHEHEHEHE.

Dan... akhirnya lomba pun selesai. Kami tak lupa berfoto-foto ria :D.


Foto dulu dong ama kepleknya h3h3h3h3h3.

Sama panitia guru :D.





Kalo kalian mau liat apa aja yang gue kerjain di lomba ini, bisa langsung ke Kreavi gue di link ini. Gak semua sih, soalnya ada beberapa yang kredensial dan gak boleh sembarangan disebar, takut nanti malah disalahguna'in ama orang jahad. Hehe.

Baiklah, sampai di sini dulu postingan hari ini. Sampai ketemu di postingan yang lain! Tetep di rumah aja lo yak, ntar kalo kamu sakit lah bodo amat gua emangnya siape elu ha :v ntar gua kepikiran lagi. CIYEEEEEEEEE.

Udah sana lanjut rebahan. Sampe ketemu di laen kesempatan! :D.

Komen dong h3h3h3h3

19 Komentar

  1. Asyik benee sih kalo kita bisa menikmati waktu jadi panitia, bukan malah ngeluh-ngeluh gak jelas. Saya belum pernah dan bakal gak mau kalo ditunjuk sebagai ketua panitia. Mending saya bawahannya aja dah, males banget mau ngarahin manusia. Kan ketua tugasnnya itu mengarahkan, membimbing haha

    Oiya, btw saya selama ini juga sering ditugaskan jadi kang desain. Sampe bosen bosennya. Sampe ngebuka corel yang warna ijo itu jadi pengen muntah hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi ... , malas mengarahkan manusia 😁😁 ?.

      Kalau mengarahkan tumbuhan gimanaaaa ..?.
      Malas juga ngga, kak 😄 ?

      Hapus
  2. Pengalaman yang seru, berkesan, dan buat deg-degkan juga ya, namun satu hal yang perlu diambil hikmahnya ialah sobat dipercaya, apalagi oleh guru itu hebat menurut saya. manfaatnya saat kuliah nanti, pasti sobat akan dipilih menjadi ketua senat, ketua himpunan mahasiswa atau kegiatan mahasiswa yang lain, so tetap semangat ya nak, sukses akan diraih dengan cara seperti ini, sekali lagi semangat ya

    BalasHapus
  3. Kalo aku sih yaaa ..., langsung percaya dan kalau diajak ikutan ambil pemungutan suara pemilihan penentuan calon ketua lomba...,aku pastilah pilih kamu 😁

    Juga cocok kalau kamu ditunjuk buat desain grafis banner atau spanduk atau apalah gitu ...
    Lihat saja desain blogmu ini saja ketjeh parah alias mantuuul ...🤩

    BalasHapus
  4. Dipercaya jadi ketua ma teman2 artinya mereka menilai lebih kamu. Cmn kalo ketua harus bikin banner kayaknya ada yang salah deh :)

    BalasHapus
  5. Ribet banget ya mas.
    Tapi pastinya berkesan dan seru banget tuh pengalamannya.

    BalasHapus
  6. keren lanjutkan kesibukan positif, lanjutkan pengalaman ini semoga bermanfaat untuk karir masa depan sukses selalu

    BalasHapus
  7. Masih SMA sudah pintar bikin konten blog ya mas. semoga sukses kedepannya ya. Amin

    BalasHapus
  8. Mantap lah jadi ketua panitia..

    Waktu sekolah dulu ku gak pernah ikut kepanitiaan lomba :D

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  9. Wah mantap, lama ngilang ternyata lagi sibuk bener ngebossi lomba...

    Way to go, young man!

    BalasHapus
  10. Ini gimana sih? Udah ada kepanitiaan buat lomba, tapi ketuanya belum ada? Lhakok H-2minggu baru ditunjuk? Harusnya bikin kepanitiaan keselurhan dulu (mulai dari ketua, sampe ke bawah-bawahnya), jadi jobdesknya jelas. Sungguh kasihan, anda.....
    .
    .
    .
    .
    Wahai laptop xD

    Paling males kalau udah bikin desain dengan ukuran file yg gede-gede gitu. Mungkin perasaan laptopnya fine-fine aja, tapi yang nunggu itu lho. Bikin emosi jiwa-raga.

    BalasHapus
  11. wah mantap! seru banget keliatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benar 😄

      Aku juga ngebayanginnya juga sama, seru banget.

      Nih, saking serunya si Mike aktif kegiatannya .. sampai pada ngga dibalesin komentar yang masuk ... , Wwwkkk 😄, eh# maaf

      Hapus
  12. kalo ada acara apapun aku males banget jadi ketua pasti ribet banget dan emang ga ada yg nunjuk juga sih :D
    but pengalaman kepemimpinan kayak gitu bakal berguna banget sampe kapanpun sih.. jadi sekarang dapet tugas apapun asik2in aja yak, ternyata selesai juga dengan penuh drama haha

    BalasHapus
  13. wwkwkwk, ya salaaaam.. kl aku udh emosi2 muluuuu, keren nih.. bisa buat nambah pengalaman dan kesabaran ya, wkwkwk

    BalasHapus
  14. aku selalu senang jika dilibatkan sebagai panitia dalam sebuah acara. Dengan begitu aku bisa belajar tentang membuat sebuah acara dan menambah pengalaman bersosialisasi dengan yang lainnya. Kalau ada tawaran jadi panitia, jangan kamu sia-siakan yaa. Kelak kalau sudah dewasa, hal ini akan sangat berguna dalam kehidupanmu :D

    Aku dulu juga pernah bikin backdrop dengan ukuran yang besar. Lumayan bikin photoshop menjadi ngos-ngosan. Tapi puas ketika hasilnya sesuai ekspektasi :D

    BalasHapus
  15. kalo saya mentok jadi panitia lomba agustusan tingkat RT hehehehe

    BalasHapus
  16. bisa jadi bekal kamu nih waktu masuk kuliah nanti, siapa tau jadi ketua BEM kan, iya kann, mantap deh

    BalasHapus
  17. Wajar kok pengalaman baru, jadi ada kesalahan teknis. Tapi dari situ jadi pembelajaran yang tepat untuk kedepannya. Tak perlu disesali.

    BalasHapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.