News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Curhatan Seorang Murid Kelas 9


Selamat datang kembali di malam puncak kejonesanmu, mblo! Sebenernya malam minggu itu ga boleh diambil pusing. Sampe-sampe doa biar tiap malam minggu hujan. Kasian kan daerah-daerah yang gampang banjir, apa gak tenggelam tuh daerah? :v

Ya, sebagai murid kelas 9, saat ini gue lagi nyiapin diri buat nanti ujian. Ujian Praktek sudah gue lewati yang syukur hasilnya baik-baik semua. Terus, beberapa try out / UKL (Ujian Kompetensi Lulusan) juga sudah gue lewati. Jujur aja, gue lemah di matematika sama IPA. Sementara Bahasa Indonesia & Inggris ya lumayan lah.

Waktu gue belajar, khususnya matematika, gue bisa nangkap semua dan paham semuanya. Tapi... waktu ngerjain soal... langsung nge-blank. Padahal gue udah berusaha untuk menenangkan diri dan berusaha meyakinkan diri kalau gue itu bisa. Dan sampai sekarang gue ga tau kenapa itu bisa terjadi.

Habil UKL, yang membuat gue stress hari-hari ini adalah Ujian Sekolah. Dan kali ini Ujian Sekolah dipegang sama Diknas. Jadi, namanya sekarang jadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau sering disingkat sebagai USBN. Maaf kata, gue sebenernya ga setuju dengan kebijakan ini. Karena Ujian Sekolah yang menjadi parameter apakah peserta didik bisa lulus atau tidak kini soalnya dibuat oleh pusat. Otomatis, kita para murid ga tau model soal yang dikeluarkan oleh pusat. Kalau dibuat oleh guru kita sendiri, kan lebih enak. Guru bisa ngasih latihan soal yang paling tidak hampir sama lah dengan apa yang akan keluar nanti. Kalau USBN kan ga bisa, kita cuma dikasih kisi-kisi yang super membingungkan. Keadaan ini semakin diperparah dengan tidak ada patokan-patokan soal tahun-tahun sebelumnya seperti UN, karena baru tahun ini USBN perdana diselenggarakan.

Kalau masalah UN yang tidak menentukan kelulusan, gue agak lega. Mengingat gue lemah di matematika dan IPA.

Oh ya, tahun ini juga diberlakukan UN yang berbasis komputer, atau UNBK. Gue cukup dimudahkan dengan adanya sistem ini. Gue ga perlu lama-lama ngabisin waktu buat ngisi data peserta ujian dan menghitamkan jawaban yang benar. Tapi ada sedikit masukan saja, mungkin sistemnya diperbaiki lagi. Kerja sistemnya lebih dipercepat. Kan mengingat waktu yang juga berjalan. Masa waktu kita habis cuma nunggu loading-an soal.

Saat ini gue lagi fokus belajar, mempersiapkan yang terbaik, baik pikiran, hati, dan jiwa gue. Gue ga mau psikis gue rusak cuma gara-gara ujian ini. Jadi, waktu antara gue belajar dengan menenangkan diri juga seimbang. Menenangkan diri itu bukan berarti main game atau apapun, tapi gue relaksasi, ga memikirkan hal-hal berat, dan cuma nonton TV.

So, guys, gue minta doanya, supaya gue bisa menjalani semua ujian dengan baik, dan mendapatkan hasilnya yang lebih memuaskan dari sebelumnya. Tinggal beberapa bulan aja perjuangan gue di SMP ini. Semoga gue dan semua anak di Indonesia yang bentar lagi UN lulus semua 100%. Amin!

Komen dong h3h3h3h3

12 Komentar

  1. wah sama.. saya juga ga begitu setuju sama UNBK, masa kita udah lama sekolah kelulusannya cuma di tentuin sama UNBK.. aarrgghh.. saya kelas 12 sih, lagi sama2 stress hehe

    btw, nice blog bro.. salam kenal ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Broh, UNBK ga nentuin kelulusan broh. US dan USBN yang nentuin... jadi yang gue ga setuju itu US dan USBN... wkwkwk

      Thank you, salam kenal juga! :D

      Hapus
  2. Eh, lagi menghadapi UN juga ya? Sama dong. Tapi gue kelas 12. Muahaha. Sukses ya dan semoga masuk sekolah yang diinginkan. \o/

    BalasHapus
  3. Waaah semangat ya dek! hihihi

    mengawali dunia blogger sejak SMP. keren kamu ih.
    adeku aku suruh nulis juga susah banget. padahal dia seusiamu.
    tipsnya apa dek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipsnya? Mengenal huruf A-Z dan bisa menulisnya. Wkwkwkwk =))

      Hapus
  4. aamiin yo wes tak doain semuanya biar lulus dengan hasil yang memuaskan

    BalasHapus
  5. wah masih imut banget nih... hikz.
    semangat yaj dek... jangan lupa utk slalu berdo'a...

    Tulisannya kayan anak kuliahan ...ASELI!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, harus terus berdoa.

      Masa ah? Tulisan saya masih kayak bocah.. wkwk

      Hapus
  6. Eh, gimana kemarin? Bisa nggak ngejawab soalnya? Hasilnya juga gimana? Semoga bagus, ya!
    Gue juga lemah di Matematika dan IPA. Gue menanggapinya dengan santai. Iya, santai aja karena nilainya nggak menentukan kelulusan. Kalau udah SMA, Matematikanya harus diseriusin. Ya, itu kalau mau ambil universitas bagus macam UI. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. AMIN AMIN AMIN!

      UN bisa santai, USEK ga bisa santai bro. WKWKWK.

      Gitu ya? Okelah, waktunya suka Matematika. Hahahaha :D

      Hapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.