News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Mengawali Kisah Putih Abu-Abu


Hari Sabtu, 15 Juli 2017 adalah hari pertama gue masuk SMA. Kenapa hari Sabtu? Karena memang hari itu digunakan buat pengarahan MPLS (dulu MOS/LOS) hari Seninnya. Gue udah lupa pengarahannya ngapain aja, tapi yang pasti pengenalan yel-yel, mars, dan lagu-laguan yang lain. Oh ya, sama pengarahan tentang atribut. Ada beberapa kategori atribut yang harus dipatuhi. Gue ga bisa nyebutin satu-satu karena buuuuaaanyaaaak sangat. Gue kasih contoh satu aja, yaitu masalah buku catatan. Buku catatan harus disampul kertas gilap warna biru untuk laki-laki dan warna merah untuk perempuan. Bukan hanya itu, kita juga harus menuliskan identitas kita di sampul buku sesuai dengan format yang tertera. Apa aja formatnya? Dari nama, sekolah, sampai makanan favorit. WOW. Makanan favorit aja dimasukin. Emang kakak pembinanya mau beliin gue makanan kesukaan gue? Begitu pentingnya bagian itu sehingga harus ditulis di sampul buku :v.

Hari Seninnya, tepatnya 17 Juli 2017 (angka cantik yah :v), gue ngikutin tuh MPLS. Gue udah pasrah aja sejak awal mau diapain ama kakak-kakak pembina. Hari itu diawali dengan pemeriksaan atribut. Begitu sialnya daku, beberapa atribut gak gue bawa. "BAGOOOS" gue teriak dalam hati. Tapi untung ya panitia regu gue baik orangnya. Gue dimaafin. Ngehehehe.

Saat itu gue juga pasang muka melas sih :v.

Hari pertama lebih banyak ke sesi-sesi. Sesi kurikulum, sesi kesiswaan, dan lain sebagainya. Kalau gue lihat-lihat saat itu, guru-guru SMA notabene lebih friendly dan mau membaur sama murid-murid ketimbang guru-guru SMP. Ya, mungkin kita udah dianggap dewasa alias teman ketimbang anak kali ya.

Oh ya, kelupaan. Di MPLS ini, kalau ada kakak pembina yang bilang "Selamat pagi..." kita harus jawab kayak gini.

Pagi kikuk *membungkuk*
Pagi kikuk *membungkuk, lagi :v*
Semangat SMAKSTA ting *sambil senyum dan jari di pipi*

SIAL! Malu bat gua dah. Ah, tapi gapapa lah, malu bareng aja kok :v.

Jadi, waktu hari pertama itu kita disuruh berkali-kali ngucapin kata-kata itu juga bersama yel-yel dan kawan-kawannya sampe kakak-kakak pembina itu puas. Ya, PUAS.

Hari pertama selesai. Waktunya pencarian tanda tangan. Ya, kita disuruh buat ngumpulin tanda tangan teman (siswa), guru, juga kakak pembina. Nah, buat tanda tangan temen, gue udah curi start neh, sampe ketahuan sama kakak pembina. Untung gak dikasih hukuman euy. Mungkin karena ga cuma gue yang curi start kayaknya. Wakakaka.

Terus, ini yang buat gue kesel. Minta tanda tangan panitia! Gila, kita dikasih tantangan dulu, baru dikasih tanda tangan. Dari yang normal-normal sampai paling nyeleneh. Dari gue disuruh nyanyiin mars sekolah sampai disuruh tanya tanggal jadian kakak pembina yang lain. Bahkan gue disuruh teriak-teriak gak jelas di tengah ruangan MPLS. Gila, gue harus mutusin urat malu gue dulu tuh sebelum ngelakuin hal itu.

Hari kedua, Selasa, 18 Juli 2017 diawali dengan pemeriksaan atribut dan pemeriksaan kehafalan yel-yel dan mars oleh kakak pembina. Untung gue hafal semuanya. Wakakaka.

Setelah itu, kita semua para peserta MPLS mengikuti rally. Apa itu rally? Rally itu semacam permainan-permainan. Ya memang permainan sih :v. Ada beberapa pos permainan dan kita harus nyelesaiin semua pos permainan itu. Ya, untungnya regu kita berhasil nyelesaiin semua.

Oh ya, sebelumnya kita dikasih sebuah bendera kehormatan. Nah, bendera kehormatan itu harus dijaga. Di regu gue, gue yang jaga tuh bendera. Tapi, entah kenapa bisa ilang. Padahal gue inget tuh bendera gue taruh di bawah papan tulis. Spontan gue yang jadi bahan 'cincangan' anggota lain di regu gue. Gue jelasin semuanya, dan untungnya mereka ngerti. Mereka dan gue curiga kakak pembina yang jaga pos itu yang sengaja ngambil tuh bendera. Karena, ga cuma kelompok gue aja yang kehilangan bendera, tapi hampir semua kelompok kehilangan bendera kehormatan mereka. Ya, sudahlah. Biarin aja, toh harga bendera gitu cuma berapa sih? Paling ya 5000 dapet 3. Gratis satu lagi :v.

Setelah rally, kita dipersilahkan makan siang dulu baru ganti baju karena baju kita udah gak kayak baju lagi men. Siraman air yang gak tau asalnya dari mana dengan baluran tepung kualitas abal-abal merupakan kombinasi sempurna perusak baju kami. Ya sudahlah, ikhlas saja :v.

Setelah itu, masih ada 1 sesi lagi, yaitu sesi alumni. Jadi, sekolah datengin beberapa orang sukses yang ternyata alumni sekolah gue. Ya, tujuannya sih untuk menginspirasi. Ga tau lagi, orang kita semua ga pada nyimak :v.

Hari kedua selesai. Capek gila-gilaan. Badan gue agak gak enak tuh saat itu. Tapi gue tetap maksain buat dateng di hari ketiga.

Hari ketiga diawali dengan pemeriksaan atribut dan pemeriksaan kehafalan yel-yel dan mars. Kali ini tesnya beda bagi gue karena cuma gue yang dites privat sama kakak pembina. Ya, bukan karena apa, tapi karena emang yang dateng baru dikit. Sialnya gue.

Gue disuruh teriak-teriak tuh yang selamat pagi-selamat pagi ga jelas tuh sekencang mungkin. Lah, gue udah kuencang dibilang kurang kencang. Ya emang suara gue cuma segini bro. Kalau gue paksain pita suara gue putus dong. Lu kira nyambungin pita suara tuh gampang kayak nyambungin karet putus gitu? Gile lu ndro :v.

Ah, untungnya kakak pembinanya pengertian euy. Jadi saat dia lihat muka gue yang mrencing-mrencing gara-gara usaha ngeluarin suara yang lebih kencang, akhirnya gue disuruh berhenti dan masuk ke regu :D.

Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan selanjutnya. Sehabis itu, kita semua mengikuti upacara penutupan MPLS. Setelah selesai upacara, bukan berarti kegiatan selesai. Tetapi, acara tetap berlanjut. Setelah upacara penutupan, beberapa nama dipanggil. Saat itu suasana jadi tegang. Sialnya, nama gue juga ikut terpanggil dan disuruh maju. Weladalah Gusti, salahku opo..

Suasana semakin mencekam saat kakak pembina yang manggilin nama kami bilang ini kepada semua yang sudah dipanggil.

"Kalian tau salah kalian apa?"

Men, gak lucu bener iki men. Kita semua langsung pasang wajah kaku. Kita semua digiring kakak pembina ke lantai 2 ke ruangan paling pojok. Gue udah curiga kenapa kakak-kakak pembina ini mukanya pada biasa aja. Ini pasti mau ngerjain.

Salah satu temen gue yang udah gue kenal tanya sama gue gini,

"Kita mau diapain neh?"
"Udah, ikutin aja mau mereka."

Jawaban gue adalah jawaban orang pasrah. Sangat pasrah. Oh, bukan, sangat amat pasrah. Bukan, bukan, tapi sangat amat pasrah banget.

Sebelum gue masuk ke ruangan kelas itu, gue ngelihat beberapa kakak pembina bawa beberapa ember. "Buat apa nih ember?" tanya gue penasaran dalam hati. Sampai di kelas, kita disuruh buat barisan dan disuruh lihat ujung kaki. Setelah itu kita dibentak-bentak. Bayangin aja, gimana mencekamnya suasana di ruangan pada saat itu.

Beberapa temen-temen gue ga tahan sama bentakan-bentakan kakak-kakak pembina sehingga nangis. Nah, orang yang nangis itu disuruh bawa ember, dan ember itu disuruh menuhin sama air mata. Sekali lagi gue mau bilang, gile lu ndro? :v

Nah, yang bikin gue geli saat itu, ada beberapa laki-laki yang juga ikut nangis. Men, you're a man, men... Oh men, stop it. Mereka juga dikasih ember. Malu-maluin bener dah.

Terus, ada 2 anak, satu laki-laki dan satu perempuan yang kedua-duanya nangis ditanyai gini sama kakak pembinanya.

"Sebutin semua kesalahan kamu sekarang. CEPAT!!! Punya mulut gak sih kamu itu?!"

Wah men, jujur gue shock karena yang salah satu orang yang diinterogasi itu tepat di depan gue. Nah, kalo gue yang jadi sasaran selanjutnya kan berabe gue. Jadi dalem hati itu gue udah cari-cari kesalahan gue di mana. Sampe gue berfikir apa karena atribut gue ga lengkap waktu hari pertama kali ya.

Tapi untungnya gue lolos dari interogasi mencekam itu :v.

Setelah itu kita semua digiring ke panggung ruangan MPLS. Wadaw, kita mau dimalu-maluin nih keliatannya. Ternyata gak. Suasana di ruangan tempat MPLS berlangsung sama-sama mencekamnya. Mereka yang ga dipanggil pun juga ikut dimarah-marahin. Tak lama kemudian, gue dan beberapa orang yang lain disuruh turun. Selamet... Setelah gue dan beberapa orang lain turun, kakak panitia bilang kalau dia cuma ngerjain kita.

Gue langsung lemes men saat itu. Apalagi 2 orang itu, malunya gimana itu. Ternyata 2 orang itu sudah ditarget dari awal. Mereka berdua itu punya poin pelanggaran paling sedikit. Akhirnya mereka dapet reward dari kakak-kakak pembina.

Setelah itu, inagurasi. Inagurasi itu semacam pentas seni. Ya udah lah ya, kalau kalian mau tau lebih lengkapnya, kalian bisa tanya langsung ke gue aja dah. Capek nih jari-jari gue ngetik mulu :v.

Setelah itu kita semua diterima secara resmi sebagai murid SMA. Jujur aja sih, perasaan gue pada saat itu biasa aja. Ga ada yang terlalu spesial.

Postingan kali ini cuma secuil cerita dari MPLS tahun ini di sekolah gue. Kalau kalian mau tau lebih lengkapnya, kalian bisa tanya secara pribadi ke gue, karena masih ada beberapa yang belum gue tulis di postingan ini.

So, thank you for wasting your time just for reading this post. Jangan lupa minggu depan, hari Sabtu (12/07/2017) Meong bakal ngisi blog ini. Sampai ketemu Meong minggu depan yaaaw! Sampai ketemu gue 2 minggu lagi yaaaw! Yaaaw! YAW YAW YAAAAW YAW DIGOYANG YAW~~~

Komen dong h3h3h3h3

12 Komentar

  1. Kalo SMA gue udah gak ada mos-mos lagi, Mike :)) Hari pertama sekolah murni cuma perkenalan doang, jadi cuma kayak seminar gitu.. Ada plus minus sih. Plusnya gak perlu ribet2 dikerjain kakak kelas, minusnya gak ada hal-hal menarik yang bisa dikenang hahaha :))

    BalasHapus
  2. Baca ini aku jadi kangen dimana pertama MOS waktu SMA. Jujur, aku lebih suka ngospeknya, tapi tetap harus di MOS dulu..hehe
    Memang bikin gak enak kalau di bentak sama kakak kelas gitu, bikin kesel juga.

    Btw, salam kenal ya.

    BalasHapus
  3. Dari taun ke taun kayaknya konsep orientasi atau apalah itu ya nggak ada yang berubah.
    Tanda tangan panitialah, sampul buku yg warna nya beda lah dll. hahha... gue paham (tepuk pundak mahabrata:P)

    dangue ngebayangin banget ketikanya lu ngerespon "selamat pagi" dari kakak pembina, pasti syantikk banget ya kwkwkwkw...

    BalasHapus
  4. Hampir mirip kayak gua nih Mike, tapi parahnya gua dibentak2 depan muka.. bukan cuma kaget doang sih, bau mulut nya itu loh bos.. Semriwing:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, untung gue ga dibentak-bentak di depan muka kaya ente :v

      Hapus
  5. Owh sekarang namanya MPLS tapi sama aja ya kayak MOS. Hari pembalasan untuk pembinanya ada nga,?

    BTW selamat ya udah masuk SMA, semoga dilancarkan dengan sekolahnya.

    BalasHapus
  6. Ciehh udah SMA....


    Makan-makan....

    BalasHapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.